Buruh Suarakan Tuntutan di Istana Negara

Category: BERITA -> EKONOMI & BISNIS | Posted date: 2018-05-07 23:27:04 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


Ceknricek.com - Sejumlah organisasi pekerja akan mengadakan demonstrasi di beberapa lokasi di Jakarta pada hari ini (1/5) dalam menyambut Hari Buruh. Ada beberapa lokasi keramaian yang ada di Jakarta. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan me



Ceknricek.com - Sejumlah organisasi pekerja akan mengadakan demonstrasi di beberapa lokasi di Jakarta pada hari ini (1/5) dalam  menyambut Hari Buruh. Ada beberapa lokasi keramaian yang ada di Jakarta.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan mengerahkan 150.000 orang untuk menyuarakan tuntutan para buruh di Istana Negara antara pukul 10.00 - 13.00.

Patung Arjuna Wiwaha, atau biasan disebut Patung Kuda, di Jalan Medan Merdeka Barat akan menjadi titik kumpul para demonstran KSPI sebelum bertolak ke Istana, diperkirakan sekitar pukul 10.00.

(Baca : Kegiatan Presiden Jokowi di Hari Buruh)

KSPI juga akan mengadakan aksi deklarasi calon presiden di Istora Senayan antara pukul 13.00-17.00.

Beberapa organisasi buruh, akan mengadakan long march menuju Istana, dengan titik kumpul di Bundaran HI mulai pukul 10.00.

Kawasan Monas dan sekitarnya seperti Istana Negara dan Jalan Merdeka Barat akan dipadati massa.

Tidak  Kampanye

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengimbau semua pihak agar tidak melakukan kegiatan kampanye pilkada maupun pilpres saat Hari Buruh.

"Aksi peringatan Hari Buruh sebaiknya dimaksimalkan untuk memperjuangkan kepentingan buruh," tulis Bawaslu melalui siaran persnya di Jakarta, Senin.

(Baca : Buruh: Cabut Perpres Tentang Tenaga Asing)

"Oleh karena itu, diimbau agar dalam penyampaian pendapat pada peringatan Hari Buruh 2018 tidak disisipkan materi kampanye Pilkada maupun Pemilu. Materi yang dimaksud disampaikan dalam orasi terbuka maupun alat peraga seperti spanduk, poster ataupun selebaran," jelas Bawaslu.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan, salah satu bentuk kampanye adalah rapat umum.

Kampanye rapat umum hanya diperbolehkan pada masa selama 21 hari sebelum dimulainya masa tenang.

Pesan Menteri

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri berharap momentum Hari Buruh Sedunia digunakan untuk meningkatkan dialog sosial.

"Pada momentum May Day 2018 ini mari bersama-sama terus kita gelorakan dialog sosial antara pengusaha, serikat buruh, serikat pekerja, dan pemerintah agar hubungan industrial semakin dinamis, kondusif, harmonis dan berkeadilan," kata Menaker dalam pernyataan tertulis Jakarta, Senin.

(Baca : Tragedi Haymarket, May Day, May Day …)

Menaker juga berharap perayaan Hari Buruh dilakukan dengan riang gembira atau sesuai dengan "tagline" yang diambil yaitu #MayDayIsAFunDay atau May Day adalah hari yang menyenangkan.

Ketua KSPI Said Iqbal sendiri menolak tagline tersebut. “Hari buruh adalah hari perjuangan bukan hari bersenang-senang,” katanya. Banyak agenda yang akan perjuangkan seperti penurunan harga, penghapusan outsourcing, serta menolak Perpres No 20 tahun  2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing.