Pro Kontra Soal Tabir Surya Perusak Terumbu Karang

Category: KNOWLEDGE -> TEKNOLOGI & INOVASI | Posted date: 2018-05-07 23:41:55 | Updated date: 2018-05-17 05:15:07 | Posted by:


Ceknricek.com - Lotion tabir surya mungkin melindungi Anda dari kemungkinan kanker kulit. Tapi tabir surya ternyata memiliki kandungan kimia yang berbahaya khususnya untuk terumbu karang. Bahkan di Hawaii, penggunaan lotion tabir surya yang mengandung zat



Ceknricek.com - Lotion tabir surya mungkin melindungi Anda dari kemungkinan kanker kulit. Tapi tabir surya ternyata memiliki kandungan kimia yang berbahaya khususnya untuk terumbu karang. Bahkan di Hawaii, penggunaan lotion tabir surya yang mengandung zat perusak terumbu karang akan dilarang demi menjaga kelestarian laut.

Pekan ini, anggota parlemen negara bagian Amerika tersebut meloloskan sebuah keputusan yang akan melarang penjualan tabir surya yang mengandung oksibenzon dan octinosat pada tahun 2021 dalam upaya untuk melindungi terumbu karang. Menurut para ilmuwan, dua zat itu bisa menjadi racun bagi karang, yang merupakan bagian penting dari ekosistem laut dan daya tarik populer bagi wisatawan.

Konsumen hanya diperbolehkan membeli tabir surya dengan bahan kimia jika diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan. Larangan ini akan berlaku jika Gubernur David Ige menandatangani RUU itu. Jika ini terjadi, maka Hawaii akan menjadi Negara bagian pertama yang memberlakukan larangan ini.

Meski bertujuan baik untuk kelestarian alam, Undang-undang serupa gagal disahkan tahun lalu setelah ditentang oleh pengusaha yang mengeruk uang dari penjualan lotion hingga USD 2 miliar untuk seluruh Amerika atau Rp27 triliun.

Seandainya undang-undang ini gol, ini akan menjadi langkah yang sanga penting. “Langkah pertama untuk membantu terumbu karang kami dan melindunginya dari kerusakan," kata senator negara Hawaii, Donna Mercado Kim, seorang anggota parlemen dari kubu Demokrat yang memperkenalkan langkah itu. Memang kerusakan terumbu karang banyak sebabnya, "tapi mudah-mudahan, yurisdiksi lain akan melihat undang-undang ini dan mengikutinya."

Seorang pakar menyatakan bahwa terumbu karang harus dilestarikan "Ini adalah kesempatan nyata pertama agar terumbu karang lokal bisa kembali pulih," kata Craig Downs, seorang ilmuwan yang menemukan oxybenzone adalah ancaman bagi terumbu karang. "Banyak hal yang membunuh terumbu karang, tetapi kami tahu oxybenzone mencegah mereka tumbuh kembali."

Zat ini ternyata bukan hanya berbahaya bagi terumbu karang, tapi juga untuk kelangsungan hidup penyu. ”Oxybenzone juga mengganggu bulu babi dan membunuh ganggang, sumber makanan bagi penyu, “ katanya. Dia menemukan sebanyak 14.000 ton lotion tabir surya mengendap terumbu karang setiap tahunnya.

Craig Downs dari organisasi ilmiah Haereticus Environmental Laboratory di Virginia, menyatakan senyawa organik (oksibenzon) pemfilter sinar UV yang umumnya digunakan pada tabir surya adalah racun bagi terumbu karang.

Hal itu diketahui dari penemuan oksibenzon dengan konsentrasi tinggi yang berada di terumbu karang sekitar Hawaii, Virgin Islands Amerika Serikat dan Eilat Israel. Oksibenzon itu sendiri merupakan bahan kimia yang dapat membunuh kehidupan karang, kerusakan DNA di karang dewasa, dan deformasi DNA larva karang.

"Kami memiliki begitu banyak masalah dengan pemulihan karang, dan sudah ada begitu banyak kontaminasi," kata Dr. Yuanan Lu, seorang profesor dan direktur laboratorium kesehatan lingkungan di University of Hawaii. "Kami memiliki begitu banyak orang yang datang ke Hawaii, dan beberapa bahan tabir surya bisa beracun, berbahaya bagi sistem kelautan."

Rencana undang-undang ini mendapat perlawanan para pengusaha. "Yang sangat kami khawatirkan adalah tidak banyak studi independen di luar sana yang telah melakukan pengecekan ulang atas temuan itu (peer review)," kata Tina Yamaki, ketua pengusaha retail di Hawai. Dia mengatakan larangan itu mungkin membuat orang enggan membeli produk tabir surya dari toko setempat. Dewan Kimia Amerika juga menentang RUU itu, yang menyatakan justru wisatawan akan berbahaya jika tidak menggunakan lotion tabir surya.

Anggota parlemen lainnya, Sharon Har, asal Demokrat, juga mendukung pengusaha. Ia adalah salah satu dari empat anggota parlemen yang menentang RUU itu. "Ya, kita harus melindungi lingkungan - ini adalah sumber daya nomor satu kita - tetapi pada akhirnya, berbagai penelitian telah menunjukkan pemanasan global, kontak manusia, pembangunan pesisir" sebagai ancaman signifikan lainnya terhadap karang.

Tapi para pembuat tabir surya yang ramah lingkungan tentu mendukung rencana peraturan tersebut. Edgewell Personal Care, produsen lotion tabir surya Hawaiian Tropic, dan tidak menggunakan dua bahan kimia tersebut, menyatakan akan mematuhi semua peraturan terkait tentang oksibenzon dan oktinoksat."