Kegiatan Presiden Jokowi di Hari Buruh

Category: BERITA -> POLITIK | Posted date: 2018-05-08 00:11:51 | Updated date: 2018-05-16 02:56:00 | Posted by: Rihat Wiranto


Ceknricek.com - Ribuan pekerja mendatangi Istana Negara dalam rangka Hari Buruh, Selasa (1/5) untuk menyampaikan banyak tuntutan khususnya kepada pemerintah. Presiden Joko Widodo sendiri sampai siang menjalankan berbagai kegiatan di Bogor, Jawa Barat. Di



Ceknricek.com - Ribuan pekerja mendatangi Istana Negara dalam rangka Hari Buruh, Selasa (1/5) untuk menyampaikan banyak tuntutan khususnya kepada pemerintah. Presiden Joko Widodo sendiri sampai siang menjalankan berbagai kegiatan di Bogor, Jawa Barat. Di sana, Jokowi Sekitar 100 tokoh ulama dan cendekiawan Muslim dari sejumlah negara menghadiri Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) tentang Islam "wasathiyah" (moderat).

"Sebanyak 50 di antaranya dari luar negeri, dan 50 dari dalam negeri. Kita akan membahas konsepsi 'wasathiyah' Islam dan bagaimana mengimplementasikannya," kata Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsudin.

(Baca : Tragedi Haymarket, May Day, May Day …)

Din mengatakan pertemuan ini dihadiri tidak hanya oleh negara-negara anggota OKI, tapi juga dari berbagai negara lain seperti Inggris, Amerika, Kanada, Australia, Jepang, Presiden dari Korea Muslim Federation, dan Presiden China Islam Association (CIA).

Pertemuan ini mempunyai tujuan untuk mempromosikan Islam moderat yang berkembang di Indonesia kepada dunia. Sekaligus mengusulkan kepada dunia agar wasathiyah Islam dapat dipertimbangkan untuk menjadi solusi bagi krisis peradaban dunia dewasa ini.

Pertemuan ini akan menghasilkan satu pesan "Bogor Message" yang akan disepakati oleh ratusan tokoh ulama dan cendekiawan dari berbagai negara yang hadir. Hari pertama KTT Islam Wasathiyah ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Selama setengah hari kegiatan dipusatkan di Istana, para delegasi juga akan dijamu makan siang di Restoran Grand Garden, Kebun Raya Bogor, tempat Presiden Obama ngopi bareng Presiden Jokowi.

Wapres Iran

Presiden Joko Widodo juga memiliki acara lain, yakni menemui Wakil Presiden Republik Islam Iran Bidang Wanita dan Urusan Keluarga Masumeh Ebtekar di Istana Presiden Bogor. Presiden menemui delegasi Wapres Iran didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang tampak anggun mengenakan baju batik terusan dengan jilbab ungu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mengenakan baju terusan hitam dan turban oranye. Ada juga Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin.

 Hari Buruh 1 Mei (Foto : Faisal Hidayat/Ceknricek.com)

Sedangkan Wapres Iran Mesumeh Ebtekar mengenakan baju abaya hitam didampingi para pejabat terkait.

Kedua Negara setuju untuk memperbanyak saling berkunjung antara pejabat tinggi dan kerja sama ekonomi dan perdagangan di bidang energy.  “Juga rencana penerbangan langsung," tambah Presiden Joko Widodo dikutip antara.

(Baca : Buruh Suarakan Tuntutan di Istana Negara)

Ebtekar diangkat Presiden Iran Hassan Rouhani pada Agustus 2017 lalu. Ia bukan nama baru di Pemerintahan Iran. Di periode pemerintahan sebelumnya, Ebtekar menduduki posisi yang sama. Semenjak memerintah Iran, Rouhani yang merupakan sosok ulama moderat yang memasukkan lebih banyak lagi perempuan di kabinetnya.

Aksi Buruh

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengklaim aksi damai buruh dilakukan di 25 provinsi dan 200 kabupaten dan kota. Presiden KSPI Said Iqbal memperkirakan aksi damai hari buruh akan diikuti sekitar satu juta buruh di seluruh Indonesia.

Di Surabaya dengan 50 ribu buruh beraksi di depan kantor Gubernur Jatim, 15 ribu buruh se-Jateng di depan kantor Gubernur Jatim, 15 ribu buruh se-Kepri di depan kantor Wali Kota Batam, 2000 buruh di Aceh, 10 ribu buruh di Sumut, serta ribuan buruh di Jawa barat.

(Baca : Buruh: Cabut Perpres Tentang Tenaga Asing)

Untuk aksi di Jakarta, katanya, akan dipusatkan di depan Istana Merdeka Jakarta, dengan mendatangkan massa buruh se-Jabodetabek, Serang Banten, Karawang, dan Purwakarta.  "Aksi 'long march' buruh dari Patung Kuda ke depan Istana Merdeka akan dilakukan sampai pukul 13.00 WIB, dan kemudian dilanjutkan bergerak menuju Istora Senayan deklarasi calon Presiden RI 2019-2024 yang akan di pilih dan didukung buruh Indonesia," katanya.

Tuntutan pada aksi Mayday 2018 adalah tiga tuntutan buruh dan rakyat, yaitu "Turunkan harga beras, listrik, dan BBM, "Tolak upah murah", serta "Tolak Tenaga Kerja Asing (TKA) buruh kasar dari China".