Tidak Ada Pemogokan Karyawan Dan Pilot Garuda

Category: BERITA -> EKONOMI & BISNIS | Posted date: 2018-05-08 00:20:12 | Updated date: 2018-05-10 09:19:00 | Posted by:


Ceknricek.com - Karyawan dan pilot Garuda Indonesia masih memberi kesempatan satu bulan kepada direksi Garuda Indonesia untuk memenuhi beberapa tuntutan mereka. Selama satu bulan itu tidak ada karyawan dan pilot Garuda yang akan mogok bekerja.



Ceknricek.com - Karyawan dan pilot Garuda Indonesia masih memberi kesempatan satu bulan kepada direksi Garuda Indonesia untuk memenuhi beberapa tuntutan mereka. Selama satu bulan itu tidak ada karyawan dan pilot Garuda yang akan mogok bekerja.

Jaminan itu disampaikan Rabu (2/5) siang oleh Ahmad Irfan Nasution, Ketua Umum Serikat Keluarga Garuda dan Presiden Asosiasi Pilot Garuda (APG), Capt Pilot Bintang Hardiono, di restoran Pulau Dua, Jakarta Pusat. Keduanya masing-masing mengatas namakan seluruh karyawan dan pilot Garuda. Mereka secara khusus menggelar konferensi pers untuk menyampaikan tuntutannya.

(Baca : Pilot Garuda Belum Puas Hasil RUPS)

Hari itu mereka memaparkan kinerja Maskapai Penerbangan tertua dan terbesar di Indonesia yang dinilai menurun diikuti kondisi keuangan yang semakin memprihatikan setahun terakhir ini.

Bertolak dari kenyataan itu mereka meminta dua hal kepada Presiden Jokowidodo dan Menteri BUMN / pemegang saham Garuda Indonesia (persero) Tbk untuk diperhatikan.

 Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama PT Garuda Indonesia

1. Segera merestrukturisasi jumlah Direksi Garuda Indonesia dari 8 orang menjadi 6 orang dengan berpedoman pada peraturan penerbangan sipil Republik Indonesia/ Civil Aviation Safety Regulation.

2. Melakukan pergantian Direksi dengan mengutamakan profesional di bidang penerbangan yang berasal dari internal Garuda Indonesia, karena lebih memahami permasalahan yang terjadi di perusahaan.

(Baca : Garuda, Ancaman Mogok Setelah RUPS)

Apabila permintaan tidak dipenuhi mereka mengancam melakukan pemogokan pada waktu yang tepat. Ketika ditanya estimasi waktu yang tepat dimakasud, disebutkan sekitar sebulan. “Yang pasti belum sekarang,“ kata Capt Pilot Bintang Hardiono, Presiden APG.

Kepada masyarakat pelanggan Garuda Indonesia mereka minta maaf atas dampak yang akan timbul dalak aksi mogok itu.

Capt. Bintang Hardiono, presiden asosiasi pilot garuda/APG

Kinerja Sudah Membaik 

Menanggapi aksi Sekarga dan APG, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengatakan aspirasi mereka sudah diakomodasi dalam RUPS Direksi Garuda dua pekan silam( ( 19/4). Itu disampaikan Pahala secara terpisah Rabu (2/5) dalam wawancara khusus dengan ceknricek.com. Kinerja yang mereka soroti juga sekarang sudah membaik, hasilnya sudah kelihatan, tambahnya.

Ada tanggapan soal ancaman mogok dari para karyawan Garuda yang menolak hasil RUPS?

Hasil RUPS tentunya perlu dijalankan sebaik-sebaiknya. Keputusan RUPS antara lain mengangkat direktur operasi , direktur teknis, dan direktur maintenance. Dari sisi kepengurusan, kami sudah lengkap. Kami tinggal fokus untuk meningkatkan kinerja Garuda. Makanya, kami terus mengkomunikasikan kepada semua pihak untuk mamahami kondisi Garuda saat ini, yang sebenarnya berangsur-angsur semakin baik dibandingkan sebelumnya.

(Baca Juga : Garuda, Bayar Utang Tarik Utang)

Tahu apa sebabnya mereka mempersoalkan direktur kargo dan direktur pelayanan, yang minta dihapus ?

Saya kurang paham. Sesuai tugas yang ada, pemilihan itu justru sesuai dengan posisi kami sebagai full service carrier. Tentunya pelayanan adalah ujung tombak Garuda. Jadi, apa yang ditentukan di RUPS tersebut sudah sesuai dengan strategi usaha kami. Tugas kami sekarang adalah bagaimana dengan pengurus yang ada, Garuda bisa memperbaiki terus pelayanan. Itulah yang bisa kami lakukan.

Semua anggota direksi adalah orang dalam, bukan?

Iya, direktur operasi, direktur maintenance, direktur pelayanan memang sudah lama bergerak di bidang penerbangan dan memiliki kompetensi yang pas.

Mereka mempersoalkan masuknya orang luar di jajaran direksi. Siapa yang dimaksud?

Saya tidak tahu (tertawa). Mudah-mudahan semua pihak mampu menenangkan diri sehingga kami bisa fokus untuk mengelola perusahaan ini dengan cara yang terbaik. Kami ingin ke depan bisa lebih baik lagi. Kami terus berkoordinasi sehingga apa yang telah diputuskan pemegang saham bisa dijalankan dengan baik.

(Baca Juga : 4 Fakta Unik Maskapai Garuda Indonesia)

Apa antisipasi yang dilakukan manajemen kalau mereka mogok? Kalau bus mogok, tentara turun tangan membawa penumpang. Kalau awak pesawat mogok, ada tentara yang bisa menerbangkan pesawat?

Kami sejauh ini belum menjalin kerja sama seperti itu. Kami berharap jangan terjadilah. Jangan sampai perusahaan yang makin baik ini malah mundur lagi. Kami harus menjaga kepercayaan masyarakat. Jangan sampai mereka kecewa dengan pelayanan kami.

Sudah berapa kali terjadi karyawan dan pilot mogok kerja dalam sejarah Garuda?

Lima sampai tujuh tahun belakangan tak pernah ada mogok. Sejauh ini pelayanan Garuda cukup lancar. On time performance kami masih bagus. Kami akan jaga terus. Produk kami kan bagus, dari sisi pelayanan, makanan, hiburan film yang tersedia, dan sebagainya.