Lagu 'Lilin Lilin Kecil' Jadi Motivasi Ryan Chandra Berkarya

Category: Berita -> FILM, MUSIK & SELEBRITIS | Posted date: 2018-05-08 03:29:23 | Updated date: 2018-05-17 00:23:26 | Posted by: Raynaldi Wahyu


Ceknricek.com - Siapa yang tak kenal dengan 'Lilin Lilin Kecil' milik Chrisye? Lagu hits ciptaan James F Sundah sudah eksis sejak tahun 1970-an di telinga penikmat musik Tanah Air, bahkan kancah dunia. Kini, lagu tersebut dinyanyikan kembali oleh penyanyi



Ceknricek.com – Siapa yang tak kenal dengan ‘Lilin Lilin Kecil’ milik Chrisye? Lagu hits ciptaan James F Sundah sudah eksis sejak tahun 1970-an di telinga penikmat musik Tanah Air, bahkan kancah dunia. Kini, lagu tersebut dinyanyikan kembali oleh penyanyi yang baru berusia 14 tahun bernama Ryan Chandra Widjaja.

Agar terdengar beda dan lebih fresh dari ‘Lilin Lilin Kecil’ yang sudah familiar, aransemen musik pun diubah. Ryan mempercayakan Iwang Noorsaid sebagai re-arrangement sekaligus co-producer. Sedangkan executive producer ditangani langsung oleh ayah kandung Ryan, Deddy Suganda Widjaja.

Ada cerita unik dibalik alasan mantan finalis The Voice Kids Indonesia tahun 2017 ini, mendaur ulang lagu ‘Lilin Lilin Kecil’. Ketika Ryan menonton film layar lebar berjudul ‘Chrisye’ yang menceritakan tentang kisah kehidupan sang legendaris tersebut, ia sangat terkesan. Film ini menceritakan tentang Chrisye mulai dari karier sampai rumah tangganya.

Ryan, Damayanti Noor ( Istri Alm. Chrisye), dan Deddy Suganda Widjaja, saat ditemui Ceknricek.com di Gedung Wisma Kospin Jaya, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).(Foto : Raynaldi Wahyu/Ceknricek.com)

Saat itu, penyanyi yang pernah duet dengan mantan personel Westlife, Shane Filan ini sedang di masa terpuruk. Ryan tak memiliki semangat untuk melanjutkan langkah berkarier di belantika musik Tanah Air. Sebab, ia gugur pada babak Battle The Voice Kids Indonesia 2017.

“Terus aku sempat kehilangan harapan tapi waktu itu sempat diajak nonton film ‘Chrisye’ yang baru keluar. Setelah nonton filmnya, aku melihat bagaimana (Chrisye) mulai dari penyanyi band bisa jadi sosok yang dibilang legendaris di dunia musik Indonesia. Dan perjuangannya pasti panjang dan keras,” ungkap Ryan saat ditemui Ceknricek.com di Gedung Wisma Kospin Jaya, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

Terbebani

Menghadirkan kembali lagu hits milik penyanyi yang dijuluki Raja Pop itu tentu tidak mudah bagi Ryan. Ia mengaku awalnya merasa terbebani, takut apa yang disajikan tidak sebagus seperti versi originalnya.

Namun keputusan Ryan untuk cover lagu ‘Lilin Lilin Kecil’ sudah bulat. Penyanyi yang sempat menjadi nominasi AMI Awards 2017 untuk kategori Duet Lagu Anak Terbaik bersama Tegar Septian ini menganggap lagu tersebut ada daya magisnya.

“Jujur pertama kali nyanyi memang kesusahan, karena ada kesulitan di lagu itu. Maknanya sangat dalam. Jadi untuk menjiwai cukup susah. Aku sempat kehilangan arah pas menjiwai nyanyinya. Sempat break sebentar dipikirkan arti lagu itu,” ujar Ryan.

Diantara sejumlah lagu Chrisye lainnya, ‘Lilin Lilin Kecil’ dinilai Ryan sangat simbolik dengan lirik yang menyentuh dan bermakna luas. Terlebih bait itu bisa membangkitkan semangatnya lagi untuk berkarya.

“Aku menganggap lagu ini sebagai penerang dunia yang gelap. Aku lihat lagu ini menginspirasi dan simbolik,” ucapnya.

Izin Istri Chrisye

Istri almarhum Chrisye, Damayanti Noor pun memberi lampi hijau, hit milik mendiang suaminya dihadirkan kembali. Terlebih yang menyanyikannya adalah penyanyi masih muda.

“Siapapun yang remake yang pernah dipopulerkan Chrisye kami sangat berterima kasih. Karena setelah dia meninggal ada tagline dari kita kalau spirit-nya masih dilanjutkan. Saya sangat senang yang membawakan ulang, umurnya masih 14 tahun,” kata Damayanti.

Walaupun sudah meninggal dunia pada 30 Maret 2007 lalu, tapi Yanti, sapaan akrab Damayanti Noor menganggap semangat dan karyanya masih terus hidup.

“Ryan bisa dibilang jadi cucunya (Chrisye). Chrisye, he was here dengan spirit-nya untuk siapapun. Yang tertinggal adalah semangatnya. Mudah-mudahan musikus lain bisa seperti itu,” harapnya.