Siang Ini Najib Beri Keterangan

Category: | Posted date: 2018-05-10 17:35:59 | Updated date: 2018-05-19 03:03:10 | Posted by: Asro Rokan


Ceknricek.com — Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Razak siang ini dijadwalkan memberi pernyataan seputar Pilihan Raya Umum (PRU) ke-14. Barisan Nasional (BN) yang dipimpin Najib kalah atas oposisi Pakatan Harapan (PH), yang dipimpin Mahathir Moha



Ceknricek.com — Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Razak siang ini dijadwalkan memberi pernyataan seputar Pilihan Raya Umum (PRU) ke-14. Barisan Nasional (BN) yang dipimpin Najib kalah atas oposisi Pakatan Harapan (PH), yang dipimpin Mahathir Mohammad.

Tadi malam, Najib dijadwalkan datang ke Markas Besar UMNO di PWTC, Kuala Lumpur. Namun, menurut Antara, wartawan lokal dan internasional yang menunggu, tidak melihat Najib datang.

Wakil PM Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi yang juga Menteri Dalam Negeri dan Wakil Presiden UMNO dan Datuk Seri Hishammuddin Hussein terlihat memasuki bangunan kantor UMNO.

Barisan Nasional yang berkuasa tanpa terputus sejak Malaysia merdeka, 1957, kali ini kalah atas koalisi opisisi PH yang dipimpin Mahathir. PH meraih 121 kursi parlemen, dengan rincian 104 kursi Partai Keadilan Rakyat (PKR), DAP 9 kursi, dan Warisan 8 kursi. Sedangkan BN meraih 79 kursi. Kursi lain diraih partai non-koalisi, yakni PAS 18 kursi, Bebas (3), dan Solidariti (1). Total 222 kursi.

Pesta Kemenangan

Kemenangan oposisi ini disambut meriah di Kuala Lumpur dan kota-kota besar Malaysia. Sampai menjelang subuh, kendaraan bermotor pawai dan membunyikan klakson. Warga ramai ke luar rumah. Selama dua hari mulai hari ini (10/5), Malaysia libur umum.

Libur umum secara resmi disampaikan Ketua Setia Usaha Negara, Dr Ali Hamsa melalui akun twitter-nya. Menurutnya, libur umum pada (10/5) dan (11/5) dan (13/5) bagi negeri-negeri bagian yang menjadikan Jumat dan Sabtu sebagai hari libur.

Sebelumnya, Mahathir mengatakan bahwa Kamis dan Jumat akan dinyatakan sebagai hari libur umum yang akan diumumkan oleh Ketua Setia Usaha Negara atau Sekretaris Negara. "Saya tidak dapat menyatakan hari libur umum karena saya belum menjadi pemerintah," katanya, Kamis dinihari.

Mahathir pernah 22 tahun (1981-2003), sebagai Perdana Menteri melalui koalisi BN. Ketika menjadi PM, Mahathir memecat dan mempenjarakan wakilnya, Anwar Ibrahim. Namun dalam pemilu ini, keduanya bersama.

Mahathir memimpin koalisi Pakatan Harapan, yang dimotori Partai Keadilan Rakyat (PKR), partai yang didirikan Anwar. Istri Anwar, Wan Azizah Wan Ismail berpasangan dengan Mahathir sebagai wakil PM.

Mahathir menjanjikan pembebasan Anwar yang kini masih di penjara dan akan menyerahkan kekuasaan PM kepada Anwar dua tahun berikutnya.