Anwar Ibrahim Segera Dibebaskan

Category: BERITA -> POLITIK | Posted date: 2018-05-11 16:34:17 | Updated date: 2018-05-11 04:35:14 | Posted by:


Ceknricek.com - Perkembangan politik Malaysia berlangsung cepat. Sehari setelah dilantik Dipertuan Agung, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad memenuhi janjinya untuk membebaskan Ketua Umum Pakatan Harapan (PH) Datuk Seri Anwar Ibrahim yang kini sed



Ceknricek.com - Perkembangan politik Malaysia berlangsung cepat. Sehari setelah dilantik Dipertuan Agung, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad memenuhi janjinya untuk membebaskan Ketua Umum Pakatan Harapan (PH) Datuk Seri Anwar Ibrahim yang kini sedang menjalani hukuman penjara.

“Saya sudah sampaikan kepada Raja untuk memberikan pengampunan menyeluruh kepada Datuk Anwar Ibrahim. Raja bersedia mengampuni Anwar secepatnya,” kata Perdana Menteri berusia 92 tahun itu di Kualalumpur, Jumat (11/5).

Belum diketahui waktu pembebasan Anwar. Mahathir mengatakan, pemerintahnya sedang mempersiapkan semua proses untuk pengampunan Anwar. "Ini pengampunan penuh. Anwar harus dibebaskan dengan segera, saat dia telah diampuni," ujar Mahthir dalam jumpa pers tersebut. “Jadi selepas ini, Anwar bebas berpolitik.”

Mengenai Anwar akan menjadi Perdana Menteri atau masuk dalam kabinet, seperti yang dijanjikan, Mahathir mengatakan bahwa konstitusi mengharuskan Anwar menjadi anggota parlemen lebih dahulu. “Ini proses yang akan mengambil waktu panjang. Sama ada Anwar akan segera menyertai Kabinet atau tidak akan diputuskan bila tiba masanya."

Mahathir dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia oleh Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V, Kamis (10/5) malam. Mahathir yang pernah berkuasa selama 22 tahun, kembali menjadi Perdana Menteri setelah koalisi oposisi Pakatan Harapan memenangkan pemilu atas Barisan Nasional (BN) yang telah berkuasa selama 60 tahun.

Masa menjadi Perdana Menteri, Mahathir memecay Anwar sebagai wakilnya dan memasukkan Anwar ke penjara dengan tuduhan sodomi dan korupsi, pada 2008. Anwar kini sedang menjalani hukuman di Penjara Sungai Buloh. Hukumannya berakhir pada Juni.

Saat berbicara pada jumpa pers, Mahathir juga mengatakan akan mengumumkan kabinet dengan 10 anggota pada Sabtu, termasuk menteri keuangan, pertahanan dan dalam negeri.

Perkembangan lain, Mahathir akan melakukan evaluasi kerja sama investasi dengan China. Laporan bulan lalu menyatakan, Malaysia mendapat proyek-proyek infrastruktur senilai 34,2 miliar dolar AS (sekitar Rp481,3 triliun), terbesar di Asia. Selain soal investasi China, Mahathir juga dan meninjau kembali kebijakan pajak barang dan jasa (GST) yang selama ini dikeluhkan rakyat.


Antara