Tiga "Indonesia Banget" di Asian Games 2018

Category: Berita -> OLAHRAGA | Posted date: 2018-05-11 19:04:17 | Updated date: 2018-05-11 20:33:21 | Posted by: Rihat Wiranto


Ceknricek.com - Asian Games ke-18 yang akan berlansung pada tanggal 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 di Indonesia. Acara ini akan digelar di Gelanggang Olahraga Bung Karno Jakarta dan Jakabaring Sport City Palembang. Ajang pesta olahraga ini akan d



Ceknricek.com - Asian Games ke-18 yang akan berlansung pada tanggal 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 di Indonesia. Acara ini akan digelar di Gelanggang Olahraga Bung Karno Jakarta dan Jakabaring Sport City Palembang. Ajang pesta olahraga ini akan diikuti 15.000 atlet yang berasal dari 45 negara di Asia. Ada  tiga hal unik bersifat "Indonesia Banget" yang akan dilakukan tuan rumah dalam ajang Asian Games tersebut.

Tari Poco-Poco Terbanyak di Dunia

Indonesia berusaha masuk ke Guinness World of Records (GWR) dengan mengadakan dansa poco-poco terbesar atau "The Largest Poco-Poco Dance". "Pemecahan rekor ini adalah sebuah acara spektakuler menjelang Asian Games sekaligus melestarikan budaya bangsa dan mengangkat harkat martabat Indonesia," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Kamis (10/5) kepada media.

Pemecahan rekor  dihelat pada 5 Agustus 2018 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI). Acara  akan diikuti sekitar 65 ribu peserta."Saya berharap pemecahan rekor dunia turut juga mempublikasikan dan menyosialisasikan Asian Games," ujarnya. 

Pemecahan rekor dunia poco-poco ini akan memakai area sepanjang jalan protokol dari Istana Negara hingga Gelora Bung Karno (GBK). Tari diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dari latar belakang yang beragam seperti pelajar, mahasiswa, TNI/Polri, sanggar senam dan masyarakat umum.

Obor Bentuk Golok dan Skin

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) memperkenalkan obor yang akan diarak dari India ke 50 kota dan kabupaten di Indonesia pada H-100 menjelang pembukaan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

"Bentuk obor Asian Games 2018 merupakan paduan dua alat bela diri tradisional Betawi dan Palembang yang akan menjadi wadah bagi api abadi Asian Games untuk berkobar," kata Ketua INASGOC Erick Thohir.

Erick mengatakan perpaduan dua alat bela diri tradisional itu, golok dan skin, menjadi penggambaran ragam budaya Indonesia yang bersatu dalam tujuan.

Obor Asian Games 2018 memiliki spesifikasi lebar 35-90 milimeter, berat kosong 1.600 gram dan 1.725 gram jika diisi bahan bakar, serta tinggi 600 milimeter.Obor berwarna dominan perak itu menggunakan bahan bakar propane gas agar menjaga api tetap menyala.

Lagu Janger Persahabatan 

INASGOC juga memperkenalkan lagu resmi Asian Games berjudul Janger Persahabatan yang merupakan lagu kolaborasi sejumlah seniman, termasuk Guruh Sukarnoputra sebagai penulis lirik lagu. Guruh berharap lagu Janger Persahabatan juga dapat dinikmati masyarakat bahkan setelah Asian Games selesai digelar di Indonesia.

"Lagu itu menceritakan persahabatan. Lagu itu juga menggabungkan alat-alat musik tradisional. Kami ingin semua orang turut menyanyikan lagu ini," kata Guruh tentang lagu yang dipublikasi dalam bentuk digital pada Jumat (11/5).