OM PMR Rilis Single Pertama Kalinya Tanpa Jhonny Iskandar

Category: Berita -> FILM, MUSIK & SELEBRITIS | Posted date: 2018-05-11 19:23:32 | Updated date: 2018-05-17 00:22:04 | Posted by: Raynaldi Wahyu


Ceknricek.com - Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR) kembali menebar racun lewat dua lagu terbarunya, berjudul 'Engkong' dan 'Temen Gue'. Namun untuk perilisannya kali ini, mereka tanpa kehadiran mantan vokalisnya, Jhonny Iskandar.



Ceknricek.com - Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR) kembali menebar racun lewat dua lagu terbarunya, berjudul 'Engkong' dan 'Temen Gue'. Namun untuk perilisannya kali ini, mereka tanpa kehadiran mantan vokalisnya, Jhonny Iskandar.

Pada beberapa panggung off air belakangan ini, posisi Jhonny Iskandar memang digantikan oleh vokalis lain, seperti Jiung atau Arie Dagienkz. Pemandangan itu tentu menimbulkan berbagai spekulasi dari para penggemar OM PMR.

Menjawab hal tersebut, pemain gitar OM PMR, Boedi Padukone mengklarifikasi. Ia mengaku kalau masalah para personel dengan Jhonny Iskandar sudah berlangsung sejak lama.

"Sejak Januari (2018) cuma ini masalahnya bukan masalah klise ya. Tapi sebelumnya dari tahun 1977 sampai 1986 itu kita ikut Warkop Jhonny sendiri bawaan dari Warkop pernah tidak aktif dan keluar masuk di sini (OM PMR). Setelah tahun 1988 dia menyatakan sendiri sebagai Jhonny Iskandar bukan Jhonny Madu Mati Kutu dengan lagu 'Pengemis'," urai Boedi saat ditemui di Camden Bar, Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (10/5/2018).

Jhonny Iskandar sempat hengkang dari OM PMR dan memilih sendiri. Namun ia kembali bergabung bersama band pemilik lagu 'Judul-judulan' itu pada tahun 2013. Semenjak itu, Jhonny Iskandar berjalan dengan karier solonya, juga bersama OM PMR.

Bukan perbaikan kondisi, tapi justru permasalahan yang sama masih terjadi. Para personel sebenarnya sudah resah dan tidak bisa mengikuti jadwal dari Jhonny Iskandar, karena sangat mengganggu rutinitas latihan maupun jadwal manggung mereka.

"Sehingga kami menganggap Jhonny mementingkan solo kariernya. Kami kan pengin berkarya, tapi terlalu terbentur dengan solo kariernya (Jhonny). Kita mau latihan kita enggak bisa, terhambat. Kalau dia kan solo lebih besar (honornya). Kalau kita bagi 5, kecil dong," ucap Boedi dengan canda.

Mencoba realistis dengan keadaan, OM PMR pun akhirnya terpaksa tetap berjalan tanpa sang frontman. Memang sulit, tapi mereka ingin terus berkarya dan menebar racun kepada Sobat Racun, sebutan untuk penggemar OM PMR.

"Ya lebih baik ya monggo lah Jhon, akhirnya dia berjalan sendiri. Sekarang dia lagi dakwah ke Suriah kali ya. Gitu lah kira-kira garis besarnya. Jadi dia lebih mementingkan solo karier," kata Boedi.

OM PMR terus berkarya tanpa henti walaupun sudah 42 tahun berkiprah di belantika musik Tanah Air. Jika manggung, band yang beranggotakan Boedi (gitar), Yuri Mahippal (mandolin + cuk), Imma Maranaan (bass), Ajie Cetti Bahadur Syah (perkusi), Harri "Muke Kapur" (mini drum) ini akan menggandeng vokalis cabutan. "Tetap berlima, ya paling featuring," imbuh Boedi.

Engkong Temen Gue

Seperti sejumlah karya lainnya, dua single OM PMR berjudul 'Engkong' dan 'Temen Gue' dibalut dengan lirik jenaka nan menggelitik. Bait lagu 'Engkong' tercipta oleh Boedi saat ia melihat orang tua paruh baya sedang buang air di sembarang tempat.

"Judul lagu 'Engkong' ini simpel, dalam perjalanan panggung ke mana saya lupa, dalam perjalanan itu saya lihat itu ada orang tua paruh baya kencing di pinggir jalan, cuek

banget. Itu saya perhatiin, dari situ saja saya kembangkan jadi lirik. Biasanya mitosnya dulu kalau kencing sembarangan bisa macem-macem tuh. Ya minimal ngegang jalannya," ungkap Boedi.

Sebenarnya lagu tersebut merupakan stok lama, namun baru sempat dikenalkan kepada masyarakat pada kesempatan kali ini. OM PMR memiliki 8 lagu pamungkas untuk dipirit satu-satu. Setelah berkonsultasi dengan Indro Warkop, akhirnya mereka memilih dua single tersebut untuk didahulukan.

"Kami konsultasi sama Om Indro, karena mungkin ide-idenya lebih kreatif lagi," tutur Boedi Padukone.