Anwar Ibrahim Bebas

Category: | Posted date: 2018-05-16 15:43:34 | Updated date: 2018-05-19 03:08:45 | Posted by: Admin


Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Muhammad, memenuhi janji kampannye untuk membebaskan Anwar Ibrahim. Rabu (16/5) pagi, Anwar resmi bebas. Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR) itu keluar dari Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras - tempat dia selama ini men



Ceknricek.com - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Muhammad, memenuhi janji kampannye untuk membebaskan Anwar Ibrahim. Rabu (16/5) pagi, Anwar resmi bebas. Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR) itu keluar dari Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras - tempat dia selama ini menjalani perawatan - pukul 11.30 tanpa memberikan pernyataan apa pun kepada puluhan media nasional dan internasional yang sudah menunggunya.

Belasan polisi dan petugas penjara mengawal ketat keluarnya Anwar dari rumah sakit. Puluhan fotografer mengejar Anwar yang sudah masuk ke rumah sakit hingga ke pintu gerbang keluar rumah sakit. Anwar yang ditemani istrinya Wakil Perdana Menteri Dr Wan Azizah Wan Ismail kemudian menuju Istana Negara untuk bertemu dengan Raja Malaysia, Sultan Muhammad V.

Sebelumnya Menteri Besar Selangor dari PKR yang baru dilantik, Datuk Azmin Ali, terlihat di Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras dengan membawa surat pengampunan dari Raja yang diberikan ke Anwar Ibrahim.

Direktur Komunikasi PKR, Fahmi Fadzil mengatakan Anwar Ibrahim akan menggelar konferensi pers di kediamannya di Segambut pukul 04.00 hingga 04.30 sore. "Anwar Ibrahim akan melakukan salat terawih di rumahnya sebelum menghadiri rally di Padang Timur Rabu malam," katanya.

Anwar dengan tuduhan berlapis, antara lain kasus sodomi dan korupsi, menjalani kembali hukuman lima tahun di Penjara Sungai Buloh. Dijadwalkan, Anwar menyelesaikan hukumannya pada Juni tahun ini. Namun Mahathir meminta pengampunan kepada Raja agar Anwar dibebaskan.

Anwar pertama sekali masuk penjara pada 2008, semasa PM Mahathir Muhammad berkuasa. Anwar saat itu Wakil Perdana Menteri. Mahathir menyatakan menyesal mempenjarakan Anwar karena saat itu percaya pada polisi yang membawakan bukti-bukti kesalahan Anwar. Mahathir memenangkan pemilu awal bulan lalu melalui koalisi Pakatan Harapan, yang dimotori PKR, partai yang didirikan Anwar.


Antara