Susan Sameh dan Toleransi Beragama

Category: Berita -> FILM, MUSIK & SELEBRITIS | Posted date: 2018-05-17 17:57:33 | Updated date: 2018-05-17 07:50:26 | Posted by: Raynaldi Wahyu


Ceknricek.com - Indah rasanya jika setiap individu menerapkan rasa toleransi beragama. Seperti yang dilakukan oleh Susan Sameh. Ia dan ibu tercintanya berbeda keyakinan, namun tetap menghargai hal tersebut.



Ceknricek.com - Indah rasanya jika setiap individu menerapkan rasa toleransi beragama. Seperti yang dilakukan oleh Susan Sameh. Ia dan ibu tercintanya berbeda keyakinan, namun tetap menghargai hal tersebut.

Aktris yang akan memulai syuting film 'Hello Salma' ini berucap, bahwa dirinya dan ibunda saling menghormati agama mereka masing-masing. Tak ada rasa saling tuding salah dan benar, atau yang dianut mereka adalah ajaran yang paling benar.

Contohnya ketika bulan suci Ramadan tiba. Susan Sameh mendapat perhatian lebih dari sang mama, Nancy Dbomb, Ibunda kerap menghidangkan menu berbuka puasa maupun sahur kepada wanita berusia 21 tahun ini.

"Dulu kalau misal aku lagi puasa mami suka bikinin makanan. Karena mami pun suka puasa sebenarnya, puasa itu bukan untuk agama muslim doang. Tapi semua agama bisa," ungkapnya saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018).

"Puasa itu kan melatih kesabaran, biasanya emosional segala macam jadi sabar mata sabar hati, sabar segala-galanya," ucap Susan Sameh menambahkan.

Susan Sameh justru bahagia dengan perbedaan yang ada di keluarganya. Karena berbeda bukan berarti tidak saling mengasihi. Aktris kelahiran Bandung, Jawa Barat ini juga tak masalah jika harus berpuasa seorang diri di antara anggota keluarga lainnya.

"Secara mami aku kan enggak menjalankan puasa (Ramadan), keluarga aku juga yang di Indonesia enggak menjalankan puasa. Enggak sedih sih," kata Susan Sameh.

Puasa di Perancis

Pemain film 'Suami Untuk Mak' ini juga pernah menjalani ibadah puasa Ramadan di luar negeri. Tepatnya di Paris, Perancis, saat Susan Sameh sedang melakukan proses syuting.

Susan Sameh berucap, di Perancis waktu berbuka puasanya jatuh pada malam hari. Sedangkan waktu imsak sekira pukul 03.30 waktu setempat.

"Buka puasa jam 10 malam. Agak stres sih. Biasanya jam 6 tuh buka puasa, tapi di sana aduh masih terang, gimana nih. Bingung mau ikutin jam Indonesia apa Paris. Tapi aku berusaha bertahan walaupun cuman 4 hari doang," ujar Susan Sameh.

Mantan kekasih Billy Syahputra ini menjalani puasa di Perancis dengan durasi 18 jam. Padahal di Indonesia, puasa Ramadan hanya sekira 13 jam saja. Meski begitu, Susan Sameh sebisa mungkin melaksanakan puasa.

"Ditambah kerja. Jadi dinikmatin dan kita bisa merasakan apa yang namanya sabar," tukas Susan Sameh.