Kartika Putri : Cadar Bikin Nyaman

Category: Berita -> FILM, MUSIK & SELEBRITIS | Posted date: 2018-05-18 21:05:08 | Updated date: | Posted by: Raynaldi Wahyu


Ceknricek.com - Kartika Putri belum lama ini memutuskan untuk menggunakan hijab, ia mengatakan bahwa saat ini nyaman menggunakan hijab, ia sudah resmi berhijab pada awal tahun 2018 lalu. Tak jarang, pemain film 'The Secret: Suster Ngesot Urban Legend' ini



Ceknricek.com - Kartika Putri belum lama ini memutuskan untuk menggunakan hijab, ia mengatakan bahwa saat ini nyaman menggunakan hijab, ia sudah resmi berhijab pada awal tahun 2018 lalu. Tak jarang, pemain film 'The Secret: Suster Ngesot Urban Legend' ini memakai niqab atau cadar.

Kartika Putri menilai niqab digunakan untuk melindungi diri dari fitnah maupun mengumbar aurat. Serta manfaat lain yang sangat positif serta membuat hatinya tentram dan damai.

"Kayak aku gini kalau pakai cadar atau niqab itu adalah biar aku lebih nyaman, kalau misal lagi ibadah biar aku lebih fokus, atau seandainya aku ke tempat umum biar aku lebih tenang lebih nyaman. Jadi manfaatnya luar biasa banyak sekali," ucap Kartika Putri.

Kartika Putri merasa miris dengan stigma muslimah yang mengenakan busana syar'i diidentikkan sebagai teroris. Apalagi usai peristiwa bom yang bunuh diri di tiga gereja besar di Surabaya, Jawa Timur, Mingu (13/5/2018) lalu.

Kartika Putri berkata demikian, lantaran "Itu dia sih saya sangat menyayangkan apalagi sekarang saya dengar akan ada undang-undang baru yang menyeramkan untuk saya dan mungkin teman-teman muslimah lainnya," kata Kartika Putri saat ditemui di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/).

Beberapa waktu lalu, sempat geger dengan Surat Edaran Rektor UIN Sunan Kalijaga Nomor B-1031/Un.02/R/AK.00.3/02/2018 tentang Pendataan Mahasiswi yang Mengenakan Cadar. Surat edaran tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi tertanggal 20 Februari 2018.

Peraturan tersebut belum menjadi Undang-Undang RI, tapi tetap saja Kartika Putri merasa cemas dengan hal tersebut. Lantaran wanita berusia 27 tahun ini menganggap peraturan itu mengekang hak asasi manusia (HAM).

"Bahwa kalau seandainya pakai niqab bisa dibawa tanpa penyidikan, bisa diasingkan selama enam bulan lebih. Itu rasanya buat aku mengganggu hak asasi manusia. Karena kan hak asasi manusia untuk berpakaian seperti apapun," ucap Kartika Putri.

Walaupun peraturan itu dinilai meresahkannya, Kartika Putri menegaskan akan tetap berhijab dan memakai niqab. Pesinetron 'Suketi' ini berharap agar segera ada solusi akan hal tersebut.

"Mudah-mudahan ada jalan keluar yang terbaik karena kan bisa diperiksa dong oleh polisi wanita juga, di mana muhrimnya atau mahromnya bisa melihat. Jadi buat aku sayang sih kalau terlalu mengintimidasi saudara-saudara kita, apalagi yang sudah pakai niqab dari lama rasanya malu sekali kalau dia harus membuka. Jadi ya jangan rebut hak asasi manusia karena semuanya warga negara Indonesia," tutup Kartika Putri..