Masih Hijau, Arteta Latih Arsenal

Category: Berita -> OLAHRAGA | Posted date: 2018-05-19 06:29:40 | Updated date: 2018-05-18 18:36:44 | Posted by: Rihat Wiranto


Mikel Arteta akan menggantikan Arsene Wenger untuk melatih Arsenal. Pengunuman kembalinya Arteta ke Emirates Stadium akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang.



Ceknricek.com-Mikel Arteta akan menggantikan Arsene Wenger untuk melatih Arsenal. Pengunuman kembalinya Arteta ke Emirates Stadium akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang.
Pria asal Spanyol itu saat ini menjadi  asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City dan memainkan peran besar dalam meraih gelar juara Premier League musim ini.Arteta sangat dihormati oleh direktur eksekutif Gunners, Ivan Gazidis, yang percaya pelatih muda ini  akan memperkenalkan  sepakbola Eropa modern.

Munculnya Arteta sebagai pilihan utama The Gunners 'untuk menggantikan Wenger datang setelah Massimiliano Allegri menolak latih Arsenal dan  memilih tetap di Juventus.Arteta meninggalkan Arsenal setelah pensiun bermain dari klub London itu tahun 2016. Ia  membuat 150 penampilan untuk klub, mencetak 16 gol dan 11 assist selama empat musim di Stadion Emirates.

Belum Pengalaman

Di dunia kepelatihan, Arteta masih hijau tidak punya pengalaman dan prestasi. Arteta kini baru berusia 36 tahun, dan tidak pernah melatih  klub, apalagi klub sebesar Arsenal. Apa yang dia lakukan adalah menghabiskan dua tahun terakhir di Manchester City bekerja sama dengan Pep Guardiola.

Arteta dan Guardiola keduanya adalah produk akademi muda La Masia yang terkenal di Barcelona di mana mereka menjadi teman meskipun ada perbedaan usia 11 tahun. 

Tapi jalan mereka menyimpang dari sana. Guardiola kemudian menjadi bintang di Barca, pemain internasional Spanyol dan salah satu manajer terbaik di dunia. Arteta, sementara itu, menjadi gelandang dan tidak pernah masuk tim nasional Spanyol senior. 

Tetapi ketika Arteta pensiun pada tahun 2016, Guardiola mengajak teman lamanya itu untuk jadi stafnya. Pengalaman bersama Guardiola akan menjadi bekal utama Arteta saat melatih Arsenal.

Tidak Cemerlang

Arteta gagal di Barca saat muda dan dipinjamkan ke Paris Saint-Germain di liga Prancis. Dia kemudian geser ke Liga Premier Skotlandia Rangers yang memenangkan treble domestik liga, Piala Skotlandia dan Piala Liga di musim 2002-03. 

Setelah sukses di Skotlandia, Arteta pindah ke Real Sociedad tetapi gagal dan dipinjamkan ke Everton untuk sisa musim 2004-05, sebelum penandatanganan secara permanen pada bulan Juli 2005. 

Dia kemudian pindah ke Arsenal pada tahun 2011, dan ditunjuk sebagai kapten klub pada bulan Agustus 2014. Arteta memenangkan Piala FA dan dua Community Shields FA bersama Arsenal, sebelum kontraknya berakhir pada akhir musim 2015-16 Dukung 

Arsene Wenger yakin  Mikel Arteta punya kualitas yang dibutuhkan Arsenal. Wenger akhirnya meninggalkan klub karena hanya mampu membawa Arsenal di posisi enam setelah sekian lama langganan di 4 besar.

Banyak nama muncul untuk menggantikan posisi Wenger seperti Massimiliano Allegri sampai Julian Nagelsmann,  tapi Les Professor menilai Arteta adalah orang yang pas