Aries Susanti dkk Harumkan Indonesia

Category: Berita -> OLAHRAGA | Posted date: 2018-05-19 11:09:30 | Updated date: 2018-05-18 23:12:35 | Posted by: Rihat Wiranto


Tim nasional panjat tebing Indonesia menduduki nomor satu dunia sesuai data Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC) usai sukses di tiga kejuaraan dunia.



Ceknricek.con-Tim nasional panjat tebing Indonesia menduduki nomor satu dunia sesuai data Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC) usai sukses di tiga kejuaraan dunia.

Indonesia saat ini sukses mengumpulkan poin 1.023 dan menggusur posisi Rusia yang selama bertahun-tahun tidak tergoyahkan. Rusia harus rela turun ke peringkat dua dengan raihan 980 poin. Prancis di posisi ketiga dengan total poin 590.

Keberhasilan timnas Indonesia menjadi peringkat pertama tidak lepas dari dominasi atlet-atlet Indonesia dalam final di tiga seri kejuaraan dunia yang diikuti yaitu Moskow Rusia serta di Chongqing dan Tai’an China.

Dari tiga seri tersebut, timnas Indonesia meraih tujuh medali yang terdiri satu emas tiga perak dan tiga perunggu. Aries Susanti Rahayu sukses merebut medali emas di Chongqing.

Untuk nomor speed world record putri, peringkat pertama diduduki Anouck Jaubert dari Prancis dengan 240 poin. Tempat kedua diduduki Aries Susanti Rahayu dengan 220 poin dan Elena Timofeeva dari Rusia dengan 169 poin.

Pada nomor speed world record putra, peringkat satu hingga tiga secara berurutan ditempati Dmitrii Timofeev dari Rusia dengan 187 poin, Aspar Jaelolo dari Indonesia dengan 161 poin, dan Bassa Mawem dari Prancis dengan 151 poin.

Pelatih kepala timnas sport climbing Indonesia Caly Setiawan mengaku cukup puas. Menurut Caly perolehan medali ini bisa menjadi tolok ukur kesiapan menghadapi Asian Games yang semakin dekat.

“Dari sembilan medali yang tersedia di tiga seri kejuaraan dunia yang kita ikuti, kita berhasil membawa pulang tujuh medali. Ini cukup bagus bagi atlet dan juga tim,” terang Caly dikutip dari laman Federasi Panjat Tebing Indonesia.

Mengenal Aries Susanti

Aries Susanti Rahayu, 23 tahun, berhasil memperoleh medali emas di IFSC Climbing Worldcup 2018 di Chongqing, China, 5 - 6 Mei 2018.

Gadis asal Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah memboyong emas untuk kategori Women Speed.

Dengan waktu 7.51 detik, Aries berhasil memperoleh medali emas. Ini adalah  waktu tercepat yang pernah ditempuhnya dan nyaris mengalahkan rekor dunia 7.46 detik yang dipegang oleh atlet senior Iulia Kaplina. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjanjikan bonus bagi Aries Susanti Rahayu.

"Dapat, tapi nominal belum saya umumkan. Ini bagian dari rangkaian uji coba para atlet menuju Asian Games," ucap Menpora ketika menjemput para atlet panjat tebing di Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Rabu, 16 Mei 2018.