Boeing 737 Jatuh di Kuba, Diduga 108 Penumpang Tewas

Category: | Posted date: 2018-05-19 14:56:15 | Updated date: 2018-05-19 02:58:41 | Posted by: Admin


Ceknricek.com - Sebuah pesawat Boeing 737 jatuh pada Jumat (18/5), tak lama setelah tinggal landas dari bandar udara utama di Havana, Kuba. Pesawat membawa 111 penumpang, termasuk kru.



Ceknricek.com - Sebuah pesawat Boeing 737 jatuh pada Jumat (18/5), tak lama setelah tinggal landas dari bandar udara utama di Havana, Kuba. Pesawat membawa 111 penumpang, termasuk kru.

Pihak berwenang belum menyiarkan jumlah korban jiwa, namun media-media lokal memberitakan 108 orang tewas dan hanya tiga perempuan selamat dalam kecelakaan pesawat tragis itu. Menurut media lokal, awalnya jumlah penumpang selamat empat orang, tiga perempuan dan satu laki-laki. Namun yang lelaki meninggal setelah tiba di rumah sakit.

Pesawat yang disewa oleh perusahaan lokal Cubana de Aviacion dari Perusahaan Penerbangan Meksiko Damojh, jatuh tak lama setelah lepas-landas dari Bandar Udara Internasional Havana Jose Marti. Laman pelacak penerbangan menunjukkan bahwa pesawat dengan nomor penerbangan CU972 itu meninggalkan Havana pada pukul 11.00 waktu setempat.

Sebanyak 111 orang berada di dalam pesawat tersebut, termasukan 104 penumpang dan satu bayi, kata Menteri Transportasi Negara Pulau itu Adel Yzquierdo kepada media setempat.

Dr. Carlos Alberto Martinez, Direktur Rumah Sakit Califto Garcia di ibu kota Kuba, mengatakan perempuan yang cedera berada dalam kondisi stabil, tapi pemeriksaan mereka mengatakan mereka kritis.

Pejabat tersebut mengatakan kebanyakan korban adalah warga negara Kuba, dan juga ada lima warga negara asing di pesawat itu, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu siang. Selain mereka, ada enam awak --yang berkebangsaan Kuba.

Pemerintah Kuba mengumumkan dua hari berkabung mulai pukul 06.00 (17.00 WIB) pada Sabtu sampai Ahad tengah malam.

Satu komisi untuk menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut telah dibentuk. Komisi itu --yang dipimpin oleh Lembaga Penerbangan Sipil-- akan melakukan penyelidikan dengan bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri --yang telah mengamankan lokasi kecelakaan, kata Yzquierdo.

Media lokal juga melaporkan bahwa Raul Castro, Sekretaris I Partai Komunis Kuba, menyampaikan belasungkawanya kepada keluarga korban.

Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel segera pergi ke lokasi kecelakaan. Di dalam pernyataannya kepada stasiun televisi lokal, ia menyampaikan solidaritasnya buat keluarga korban yang tewas dan mengumumkan penyelidikan untuk menjelaskan penyebab kecelakaan itu sedang berlangsung.
 
 Antara