Anwar : Habibie Tokoh Reformasi dan Pemberani

Category: Berita -> POLITIK & HUKUM | Posted date: 2018-05-21 15:23:29 | Updated date: 2018-05-21 03:26:25 | Posted by: Admin


Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim, memiliki kesan mendalam terhadap mantan Presiden BJ Habibie. Menurut Anwar, BJ Habibie - Presiden RI periode 1998 - 1999 - merupakan tokoh reformasi pemberani yang mampu melakukan pembaharuan dala



Ceknricek.com - Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim, memiliki kesan mendalam terhadap mantan Presiden BJ Habibie. Menurut Anwar, BJ Habibie - Presiden RI periode 1998 - 1999 - merupakan tokoh reformasi pemberani yang mampu melakukan pembaharuan dalam masa singkat.

"Saya tulis Pak Habibie secara ilmiah. Dalam tulisan itu saya menjelaskan bahwa ia seorang pemberani yang mampu melaksanakan agenda reformasi di Indonesia dalam masa sesingkat," ujar Anwar Ibrahim di kediaman BJ Habibie, Jakarta, Minggu (20/5).

Pembaharuan yang dilakukan Habibie, menurut dia, antara lain di bidang kehakiman, media, politik maupun ekonomi. "Semua itu dilakukan oleh beliau dalam periode yang singkat," kata suami dari Wan Azizah, Wakil Perdana Menteri Malaysia.

Ia menyebutkan ada dua hal yang harus diperbaiki saat menjalankan agenda reformasi. Pertama, menurut dia, korupsi yang dikatakan sudah menjadi budaya, harus diberantas tanpa pilih kasih.

"Kedua, kemiskinan dan kesenjangan ekonomi harus dihapuskan. Ini tantangan terbesar terhadap pemimpin bangsa yang ingin membawa reformasi dalam pemerintahan mereka," demikian Anwar Ibrahim.

Anwar baru saja dari penjara Malaysia. Ini merupakan kunjungan pertama mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia ke luar negeri. Selain betemu BJ Habibie, Anwar juga menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla.


Antara