Najib Razak Tidak Ditahan

Category: BERITA -> POLITIK | Posted date: 2018-05-22 16:06:03 | Updated date: 2018-05-23 17:04:09 | Posted by: Admin


Semula beredar informasi Najib Razak akan ditahan setelah diperiksa Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC), Selasa (22/5). Namun, Komisioner MACC, Shukri Abdull telah mengkonfirmasi bahwa mantan Perdana Menteri itu belum ditahan hari ini.



Ceknricek.com - Semula beredar informasi Najib Razak akan ditahan setelah diperiksa Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC), Selasa (22/5). Namun, Komisioner MACC, Shukri Abdull telah mengkonfirmasi bahwa mantan Perdana Menteri itu belum ditahan hari ini.

“Dia tidak ditahan (hari ini), tetapi kami mencatat beberapa informasi tambahan yang kami memiliki,” kata Shukri di Putrajaya, Selasa (225).

Menurut Shukri, Najib dipanggil untuk memberikan kesaksian. “Ini adalah bagian dari investigasi lebih lanjut dari Najib di SRC International, jika bukti itu benat, dia bersalah, "kata Shukri dalam konferensi pers di markas MACC.

Najib Razak tiba pukul 09.42 di Markas MACC untuk memberi kesaksian tentang investigasi kasus SRC International Sdn Bhd. Mengenakan baju biru, Najib tiba di KPK Malaysia itu mengendarai Toyota Vellfire warna putih, diiringi dua mobil, dan disambut puluhan pendukungnya di depan pintu masuk Kantor SPRM.

Najib akan menjawab pertanyaan terkait dana RM 42 juta sebagai bagian dari investigasi terhadap 1MDB yang memiliki keterkaitan dengan SRC International Sdn Bhd. SRC International ialah anak perusahaan1MDB, sehingga dia diletakkan di bawah Kementerian Keuangan pada 2012.

Pada 26 Januari 2016, media melaporkan bekas pengacara negara Tan Sri Mohamed Apandi Ali menyatakan tidak ada kesalahan yang dilakukan Najib berkaitan kasus melibatkan dana RM2.6 miliar dan SRC International.

Wall Street Journal (WSJ) dalam laporannya pada 2015 menyebutkan SRC International sebagai perusahaan yang menyalurkan uang ke beberapa rekening pribadi Najib Razak.

Selain Najib, menurut Shukri, MACC juga akan memanggil beberapa orang lain untuk membantu penyelidikan mereka. "Kami memanggil Datuk Seri Najib terlebih dahulu, tetapi kami masih melihat satu, dua saksi yang lebih penting. Lalu kita bisa memutuskan. "

Jumat lalu, sebuah tim petugas MACC ke rumah Najib di Taman Duta, Kuala Lumpur, mengirim pemberitahuan meminta dia untuk menghadiri kantor MACC untuk bersaksi untuk membantu penyelidikan kasus.


Antara/Bernama