Pangeran Harry dan Meghan Markle,Habiskan Rp189 Miliar

Category: | Posted date: 2018-05-22 21:00:45 | Updated date: 2018-05-22 21:00:57 | Posted by: Farid Iskandar


Ceknricek.com - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle telah usai. Namun, perhelatan yang digelar Sabtu (19/5) itu masih membuat publik terkesima. Pernikahan mereka disebut-sebut sebagai salah satu yang termegah di tahun 2018.



Ceknricek.com - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle telah usai. Namun, perhelatan yang digelar Sabtu (19/5) itu masih membuat publik terkesima. Pernikahan mereka disebut-sebut sebagai salah satu yang termegah di tahun 2018.

Mengutip CNN Money, Jamie Simon, Direktur Banana Split, sebuah perusahaan manajemen yang khusus mengatur acara dan gelaran mewah di Inggris, memperkirakan biaya yang dikeluarkan oleh Kerajaan Inggris untuk acara royal wedding ini mencapai US$13,5 juta atau kurang lebih Rp189 miliar (estimasi kurs Rp14 ribu).

Berikut rincian uang yang harus dikeluarkan oleh Kerajaan Inggris untuk menggelar pernikahan tersebut:

Gaun Pengantin

Banyak rumor soal biaya gaun pengantin yang dipakai mempelai perempuan saat menikah. Saat bertunangan, Meghan mengenakan gaun desain dari perusahaan ternama Ralph & Russo. Untuk gaun itu dana yang dihabiskan mencapai US$75 ribu atau Rp1,05 miliar.

Untuk busana pengantin, Daily Mail menulis, harga gaun serta veil yang dikenakan Meghan saat pemberkatan pernikahan mencapai angka 200 ribu Poundsterling atau Rp3,8 miliar. Untuk bahannya saja, menghabiskan biaya 78 ribu Poundsterling atau sekitar Rp1,4 miliar. Sementara untuk resepsi, Meghan menggunakan gaun rancangan Stella McCartney.

Pengamanan

Pernikahan Kate-William pada 2011, menghabiskan biaya pengamanan hingga US$8,7 juta. Pemerintah memberikan bantuan khusus senilai US$4,9 juta untuk mengganti biaya lembur para polisi yang bertugas. Saat itu pernikahan berlangsung di London. Kali ini royal wedding dilaksanakan di Windsor yang merupakan pinggiran kota, sehingga bisa mengurangi biaya keamanan.

Resepsi

Meghan dan Harry mengundang ratusan tamu di acara pernikahannya. Makanan dan minuman yang dihidangkan tentu saja yang berkualitas. Kedua mempelai harus menjamu 600 tamu negara dan 200 tamu lagi di malam harinya.

Untuk resepsi pada sore hari diperkirakan menghabiskan US$135 per orang. Dengan tamu mencapai 600 orang maka biaya yang dibutuhkan mencapai US$81.500.

Sementara resepsi malam yang diselenggarakan oleh ayah Harry, Pangeran Charles, bisa menghabiskan dana US$340 per kepala. Dengan jumah tamu mencapai 200 orang maka biaya yang dibutuhkan sekitar US$68 ribu.

Kue Pernikahan

Violet Bakery, sebuah toko kue terkenal di Inggris yang dimiliki oleh chef Claire Ptak dipilih untuk menyediakan kue pernikahan. Sayang, toko tersebut menolak untuk membocorkan harganya. Namun, Simon dari Banana Split memperkirakan kemungkinan besar harga kue pernikahan tersebut mencapai US$13.500.