Misi Marcella Zalianty Garap Komik Keumalahayati

Category: Berita -> FILM, MUSIK & SELEBRITIS | Posted date: 2018-05-23 15:11:18 | Updated date: 2018-05-23 15:11:53 | Posted by: Raynaldi Wahyu


Marcella Zalianty menggagas penggarapan komik yang mengisahkan pejuang perempuan Laksamana Keumalahayati. Ada misi khusus darinya untuk mengenalkan figur penting dalam kemerdekaan Indonesia itu kepada generasi penerus bangsa.



Ceknricek.com - Marcella Zalianty menggagas penggarapan komik yang mengisahkan pejuang perempuan Laksamana Keumalahayati. Ada misi khusus darinya untuk mengenalkan figur penting dalam kemerdekaan Indonesia itu kepada generasi penerus bangsa. 

Istri Ananda Mikola ini menganggap pentingnya masyarakat mengetahui siapa Keumalahayati. Sebab Laksamana asal Aceh tersebut kurang terkenal ketimbang pejuang lainnya.

"Bagi saya Keumalahayati penting untuk dikenal generasi muda khususnya karena generasi muda masih banyak yang belum tahu. Keumalahayati mengagungkan nilai keagamaan yang ada di dalam dirinya, itu menjadi modal bagi dia mencintai Tanah Air," kata Marcella saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

Niat Marcella Zalianty untuk mengangkat kisah Keumalayahayati, karena dirinya terinspirasi dari tokoh Wonder Women. Seorang wanita kuat dan tangguh, yang memiliki karakter tak jauh berbeda dengan Keumalahayati. Malah yang hebatnya, Keumalahayati adalah tokoh nyata, bukan fiksi seperti Wonder Women.

"Saya terinspirasi karena Keumalahayati memberikan semangat dan inspirasi kepada kita, bahwa perempuan bisa menentukan nasibnya sendiri. Malahayati bagi saya, dia itu mempresentasikan sosok yang ibarat bukan lagi tanah yang menumbuhkan, tapi sebagai laut yang menyuarakan keberanian. Karena harga diri Tanah Airnya merupakan harga dirinya sebagai perempuan," urainya.

Laksamana Keumalahayati merupakan wanita yang sangat berpengaruh dalam politik militer kerajaan Aceh Darussalam pada abad ke-16. Berkat keberaniannya, kapal-kapal negara penjajah seperti Portugis, Belanda, Cina, dan lainnya dipaksa mundur.

"Ketika pemerintah berbicara Indonesia negara maritim terkuat, saya merasa identifikasi tersebut terkadang mulai hilang, sama hilangnya seperti sejarah tentang sosok kekuatan maritim. Lewat karya komik ini mudah-mudahan ke depannya insya Allah filmnya," ucap Marcella.

Marcella Zalianty dan tim memang sudah memiliki wacana untuk melanjutkan komik tersebut. Setelahnya, mereka akan menggarap film layar lebar Keumalahayati, namun sejauh ini masih dalam proses penggodokan. 

Demi visual komik yang menarik, Marcella Zalianty menggandeng ilustrator Ardian Syaf. Seorang komikus yang pernah menggarap komik superheroes terbitan Marvel dan DC Comics, seperti Batman, Superman dan X-Men. Adrian berkolaborasi dengan ilustrator asal Yogyakarta, Aris Naka Abee.

"Mudah-mudahan generasi muda bangsa kita khususnya dan anak-anak muda kita tidak hanya mencintai superhero Marvel, seperti Hulk, Captain America dan sebagainya. Tapi mereka punya sosok superhero Indonesia yang berasal dari cerita kesejarahan pahlawan yang kita punya, itu kenapa tidak?," pungkas Marcella Zalianty.

Komik Keumalahayati edisi pertama yang diterbitkan dalam 40 halaman oleh Penerbit KPG ini ditulis oleh Edna Caroline, pemenang KASAU Award 2017 bidang jurnalistik. Komik tersebut merupakan karya ke-7 wartawan senior Kompas pada rubrik pertahanan dan keamanan ini.

Edna Caroline dibantu oleh Habibie Yukezain melakukan riset tentang Keumalahayati untuk komik tersebut. Bahkan riset itu dilakukan sampai ke negara Turki.