Hijau Daun Ikut Tur Kampanye Politik

Category: Berita -> MUSIK & SENI KOTEMPORER | Posted date: 2018-05-28 10:47:49 | Updated date: | Posted by: Raynaldi Wahyu


Ketenaran artis memiliki nilai jual tinggi dalam kampanye. Makanya mereka dilibatkan dalam kampanye partai politik atau pasangan calon, baik itu Pemilihan Bupati, Gubernur, bahkan Presiden. Tak hanya untuk menghibur, kehadiran mereka juga ampuh menggaet



Ceknricek.com - Ketenaran artis memiliki nilai jual tinggi dalam kampanye. Makanya mereka dilibatkan dalam kampanye partai politik atau pasangan calon, baik itu Pemilihan Bupati, Gubernur, bahkan Presiden. Tak hanya untuk menghibur, kehadiran mereka juga ampuh menggaet massa dengan jumlah banyak.

Sebagai musisi ataupun figur publik, setiap kata yang terontar dari mulutnya, tentu langsung menjurus ke para peggemarnya. Selain ajakan langsung, mereka juga persuasif lewat jingle ringan, bermuatan kampanye politik halus, tapi menyentuh.

Grup musik Hijau Daun misalnya. Baru-baru ini mereka menjadi tim sukses atau timses salah satu paslon Cagub dan Cawagub Lampung, kota kelahiran band tersebut.

Di tengah aksi punggungnya, sang vokalis, Dide Irawan mengajak para penontonnya untuk memilih paslon nomor urut 3, yaitu Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) pada Pilgub Lampung 27 Juni 2018 mendatang.

Saat berbincang dengan Ceknricek.com, Dide mengaku kalau dirinya memang diminta untuk terlibat dalam program paslon tersebut. Malah Hijau Daun sudah dikontrak untuk menjalani tur ngabuburit bersama Arinal-Nunik ke 11 daerah di Lampung, selama bulan Ramadan.

"Kebetulan kita diminta kan kita kelahiran dari Lampung. Dan ini baru rangkaian yang kedua (tur ngabuburit)," ucap Dide saat dijumpai pada acara Cinta Ramada di Tangerang City, Minggu (27/5/2018).

Dide mengatakan, ini baru tahun pertamanya Hijau Daun terlibat menjadi timses salah satu paslon. Dengan alasan, sebagai anak Lampung mereka ingin turut andil memilih Gubernur beserta wakil yang tepat untuk kampung halamannya.

"Kebetulan kan ini Pilgub ya jadi sudah saatnya juga mungkin Hijau Daun untuk berpartisipasi menyuarakan suara kita. Dan kebetulan kita cocok ya kenapa enggak," kata Dide.

Pertimbangan Dide condong kepada salah satu paslon, dilihat dari track record serta program kerja mereka. Baik itu yang sudah dijalani atau yang belum. Mengingat paslon Pilgub Lampung mayoritas sudah pernah menjabat sebagai Bupati.

"Karena kan kita juga lihat track record juga ya kita enggak asal.  Saya lihat track record yang paling aman kayaknya ini makanya saya mau (bergabung)," tegas Dide.

Kemampuan mengolah lirik dan menyulapnya ke sebuah lagu, membuat Hijau Daun menciptakan jingle khusus untuk paslon tersebut. Jingle yang juga diyanyikan selama kampanye, diikuti dengan hit mereka. Salah satunya Suara (Ku Berharap), single perdana Hijau Daun yang sukses membuat mereka naik daun.

"Kita nyanyiin lagu kita sendiri dan bikin jingle juga untuk paslon itu," ujar Dide.

Artis Dukun Paslon

Sebagai informasi, selain Hijau Daun, sejumlah musisi Tanah Air juga sudah terlebih dulu bersikap serupa. Seperti halnya puluhan musisi yang mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) dalam Pilpres 2014.

Para musisi tersebut diantaranya adalah Giring Nidji, Roy Jeconiah (eks personel Boomerang), komposer Erwin Gutawa, seluruh personel Slank, Ian Antono God Belas, Opie Andaresta, Joe Tirta eks Saint Loco, Trio Lestari (Glenn Fredly, Tompi, dan Sandy Sondoro), Kla Project, Navicula, Krisdayanti, Yuni Shara, Ello, Andre Hehanusa dan lain-lain. Mereka menggagas komunitas Revolusi Harmoni untuk Revolusi Mental di kawasan Senayan, Jakarta pada 11 Juni 2014 lalu.

Bukan hanya itu saja, pada Pemilu Gubernur Jawa Timur (Pigub Jatim) 2018, musisi dangdut Tanah Air yang namanya sudah dikenal luas oleh publik juga terlibat dalam kampanye Pemilu.

Semisal biduan dangdut koplo yang sedang meroket, yaitu Via Vallen dan Nella Kharisma, juga Cak Sodiq yang digandeng pasangan calon nomor urut 2, Gus Ipul-Puti Soekarno, Sedangkan pasangan calon nomor urut 1, Khofifah-Emil Dardak, didukung Rhoma Irama. Masing-masing dari mereka mempunyai jingle untuk paslon kebanggaannya.