Video: Kiat Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Category: Pengetahuan -> KESEHATAN | Posted date: 2018-05-30 14:27:12 | Updated date: | Posted by: Admin


Penderita diabetes ternyata boleh puasa, tetapi tidak boleh dilakukan begitu saja. Demikian dikatakan dr. Wismandari Wisnu kepada Ceknricek.com.



Ceknricek.com - Penderita diabetes ternyata boleh puasa, tetapi tidak boleh dilakukan begitu saja. Demikian dikatakan dr. Wismandari Wisnu kepada Ceknricek.com.

Pengaruh puasa sangat tergantung dari kategori diabetes yang diderita. Ada tiga penderita diabetes, yakni  yang berisiko sangat tinggi, tinggi, dan rendah.  

Penderita  risiko sangat tinggi  misalnya mereka yang  mengalami gagal ginjal dan harus cuci darah. Jika berpuasa, ini sangat berisiko karena kadar gula bisa sangat rendah atau sangat tinggi. Penderita diabetes seperti ini tidak berpuasa.

Mereka yang memiliki risiko tinggi ditandai dengan gagal ginjal tingkat dua atau tingkat tiga. Mereka boleh berpuasa dengan catatan.

Sedangkan golongan berisiko rendah yakni penderita diabetes yang tak makan obat hanya mengatur makanan dan olahraga. Pasien seperti cukup aman berpuasa.

Setiap jenis penderita diabetes ada kiat berpuasa yang pas agar badan tetap sehat. “Prinsipnya bagi yang menderita diabetes, periksa dahulu ke dokter. Nanti dokter akan mengatur  cara puasa agar gula darah terkontrol secara  baik,” katanya.

Ingin tahu kiat berpuasa yang sehat bagi penderita diabetes? Lihat video berikut: