Cara Malaysia Ajak Warganya Bantu Lunasi Utang Negara

Category: Berita -> INTERNASIONAL | Posted date: 2018-05-30 18:50:47 | Updated date: | Posted by: Admin


Ceknricek.com - Pemerintah Malaysia jujur dengan kondisi keuangan negara yang kini berat. Situasi ini — dengan utang RM1 triliun atau sekitar Rp 3.500 triliun — mendorong rakyatnya bersimpati dan ikut membantu meringankan utang pemerintah tersebut. Pemeri



Ceknricek.com - Pemerintah Malaysia jujur dengan kondisi keuangan negara yang kini berat. Situasi ini — dengan utang RM1 triliun atau sekitar Rp 3.500 triliun — mendorong rakyatnya bersimpati dan ikut membantu meringankan utang pemerintah tersebut. Pemerintah menfasilitasi rakyat yang ingin membantu.

Caranya, kementrian Keuangan Malaysia, Rabu (30/5) resmi membuka rekening Tabung Harapan Malaysia (THM) bagi warganya yang ingin membantu pemerintah untuk melunasi utang negara.

"Derma dan sumbangan bisa disalurkan dalam bentuk mata uang ringgit saja. Sumbangan THM bisa disalurkan melalui rekening Malayan Banking Berhad," ujar Menteri Keuangan, Lim Guang Eng di Putrajaya, Rabu.

Lim mengatakan pembukaan THM untuk merespon keprihatinan masyarakat terhadap ekonomi negara dan wujud kesadaran masyarakat dalam membantu pemerintah dimana mereka ingin membantu secara sukarela kepada pemerintah. "Pemerintah menyampaikan terima kasih atas keprihatinan dan sumbangan masyarakat," katanya.

Sebelumnya seorang warga Malaysia Nik Shazarina Bakti (27) melakukan aksi penggalangan dana secara "online" atau daring karena prihatin dengan utang negara yang mencapai RM1 triliun.

Inisiatif kutipan dana awam "Please Help Malaysia!" itu diwujudkan sebagai usaha mendapatkan bantuan keuangan daripada orang banyak untuk sama-sama membantu menyelesaikan utang tersebut.

Penggalangan dana melalui laman gogetfunding.com ini berhasil mengumpulkan 633.dolar AS atau RM14.463 pada (27/5) dari jumlah yang disasar sebanyak 100.000 dolar AS (RM398,100) hingga 31 Juli mendatang.

Wanita alumni sarjana hukum dari University of London ini turut meletakkan potongan ayat yang mengimbau kembali kenangan manis tatkala rakyat Malaysia dahulu mengizinkan Tunku Abdul Rahman ke London untuk memperoleh kemerdekaan negara.

Nik Shazarina menjelaskan bahwa semua kutipan dana tersebut akan disalurkan kepada Pemerintah Malaysia melalui Kementerian Keuangan.

Anak Mahathir Mohamad, Marina Mahathir melalui facebook memuji tindakan Nik Shazarina dan mengharapkan masyarakat untuk sama-sama membantu inisiatif ini. "Saya percaya saya seorang aktivis untuk kepentingan umat manusia," ujar Nik Shazarina, seperti dukutip Antara.

Pekan lalu, Mahathir Mohammad mengungkapkan utang Malaysia saat ini lebih dari RM1 triliun atau 65 persen dari produk domestik bruto. Dalam sidang kabinet pertama, Mahathir mengumumkan pemotongan 10 persen gaji seluruh menteri.