IMA Awards 2018 Terapkan Penjurian Adil

Category: Berita -> POLITIK & HUKUM | Posted date: 2018-05-30 17:39:34 | Updated date: | Posted by: Raynaldi Wahyu


Ceknricek.com - Indonesian Movie Actors (IMA) Awards memasuki tahun ke-12. Terdapat peningkatan jumlah film layar lebar yang terdaftar pada IMA Awards 2018, dari yang sebelumnya 47 film menjadi 61 film. 



Ceknricek.com - Indonesian Movie Actors (IMA) Awards memasuki tahun ke-12. Terdapat peningkatan jumlah film layar lebar yang terdaftar pada IMA Awards 2018, dari yang sebelumnya 47 film menjadi 61 film. 

Film yang turut serta pada ajang penghargaan ini adalah film produksi periode 1 Maret 2017 sampai 28 Februari 2018. Ada 17 kategori IMA Awards 2018 yang terbagi menjadi 8 kategori terbaik dan 7 kategori terfavorit pilihan masyarakat melalui voting. Serta 2 kategori spesial, yaitu lifetime achievement dan special awards.

Untuk bangku juri, Marcella Zalianty didapuk sebagai Ketua Dewan Juri IMA Awards 2018. Lalu ada sejumlah nama yang memang merupakan pelaku di dunia perfilman. Mereka adalah Marsha Timothy, Lukman Sardi, Salman Aristo, Robert Ronny, Ifa Isfansyah, dan Ario Bayu.

Setiap gelaran IMA Awards 2018 maupun ajang penghargaan serupa lain, selalu dikaitkan dengan cara maupun proses penilaian. Lantaran beberapa juri yang nama atau karyanya masuk menjadi nominasi.

Menjawab polemik tersebut, penyelenggara memutuskan agar juri yang terpilih sebagai nomine tidak turut andil dalam penilaiannya sendiri. Guna mendapat hasil atau pemenang yang adil, tanpa ada intrik maupun unsur kepentingan di dalamnya.

"Pada saat kita melihat itu perannya aku masuk, itu aku sama sekali enggak boleh menilai. Jadi based on dewan juri lain. Setiap juri yang terlibat dalam film enggak boleh ikut menilai. Sama sekali enggak boleh mempengaruhi penilaian filmnya sendiri," kata Lukman Sardi saat jumpa pers di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (30/5).

Lukman Sardi terpilih menjadi nominee untuk kategori Pemeran Pria Pendukung Terbaik dan Pemeran Pria Pendukung Terfavorit. Serta film Chrisye keluaran rumah produksi MNC Pictures masuk dalam kategori Pemeran Pria Utama Terbaik juga Terfavorit, nama Vino G Bastian masuk dalam nominee kategori tersebut.

Di samping itu, nama Marsha Timothy yang juga menjadi juri masuk dalam kategori Pemeran Wanita Utama Terbaik dan Terfavorit. Film yang dibintanginya berjudul Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak juga menjadi nominee pada kategori Ansambel Terbaik dan Film Terfavorit.

Lalu Robert Ronny yang film yang diproduseri serta disutradarai olehnya berjudul Critical Eleven menjadi nomine pada kategori Film Terfavorit. Para juri sama sekali tidak mendapat kewenangan untuk menilai nama maupun filmnya.

Bertambahnya dewan juri, dari 5 menjadi 7, dilakukan oleh RCTI untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Pemilihan juri yang terlibat pun berdasarkan pertimbangan yang matang.

"Secara internal melakukan diskusi bukan cuma RCTI tapi mas Lukman, semakin meluaskan dewan juri semakin baik. Itu membuat diskusi semakin intens masalah penjurian. Tahun ini cukup sepakat dewan jurinya," kata Dini Putri selaku Direktur Program dan Produksi RCTI.

Malam puncak IMA Awards 2018 akan diselenggarakan pada 4 Juli 2018 mendatang dan disiarkan langsung dari Studio 14 MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pembaca nominasi maupun pengisi acara yang dilibatkan nanti berasal dari insan perfilman Tanah Air.