Penyanyi Fryda Lucyana Pukau PM India

Category: Berita -> FILM, MUSIK & SELEBRITIS | Posted date: 2018-06-04 17:04:51 | Updated date: | Posted by: Admin


Penyanyi Fryda Lucyana berhasil memukau Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi dan rombongan Rabu ( 30/5) malam lalu.



Ceknricek.com - Penyanyi Fryda Lucyana berhasil memukau Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi dan rombongan Rabu ( 30/5) malam lalu. Saat itu PM Modi dan rombongan menghadiri jamuan resmi yang diselenggarakan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

Wajah PM Modi tampak bahagia begitu disuguhkan lagu India "Sabarmati Ke Sant Tune Kar Diya Kamal" yang dinyanyikan Fryda Lucyana.

Terpukau penampilan Fryda saat itu juga PM Modi membagi momen istimewa itu melalui akun twitter @PMO India pada tanggal 30 Mei 2018 pukul 21.19 WIB.

Cuitan resmi kantor Perdana Menteri bunyinya begini :

A wonderful rendition of 'Sabarmati Ke Sant Tune Kar Diya Kamal' sung by Fryda Lucyana at the banquet hosted by Presiden @jokowi for PM @narendramodi

Cuitan tersebut dilengkapi dengan cuplikan video berdurasi cukup panjang selama 2 menit 36 detik, yang diambil saat Fryda Lucyana menyanyikan lagu "Sabarmati Ke Sant Tune Kar Diya Kamal" yang ditampilkan secara unik dan kreatif dengan iringan musik tradisional kolintang.

Selain main layangan, tampaknya suguhan lagu Sabarmati” paling mengesankan bagi PM India yang tiba
Selasa (29/5) untuk kunjungan selama tiga hari di Indonesia. Buktinya, itu tadi langsung mencuit di akun twiiternya. Di India, masyarakatnya pun dikejutkan oleh sikap spontan PM nya.

PM Modi memang baru pertama ke Indonesia. Kunjungan ini atas undangan Presiden Jokowi. Sekaligus untuk membalas kunjungan Jokowi ke India pada tahun 2016 lalu.

Lagu dari film perjuangan

Kepada Ceknricek.com Jumat(1/6) sore Fryda bercerita tentang penampilannya yang mendapat respons bagus dari tamu.
Menurut ceritanya, lagu India yang dia nyanyikan itu diambil dari film "Jagriti" (1954). Lagu itu sangat dikenal masyarakat di India. Isinya terdiri dari bait-bait lirik yang panjang dengan notasi yang sangat rapat. Lagu patriotik itu didedikasikan untuk Mahatma Gandhi yang mendukung berbagai aksi dan perjuangan tanpa kekerasan.

Lagu bersejarah itu tidak mudah dinyanyikan oleh seorang vokalis yang tidak menggunakan bahasa India sebagai bahasa sehari-hari. Perlu upaya, kerja keras, dan keterampilan khusus, serta kepercayaan diri yang tinggi untuk dapat menampilkannya di hadapan seorang kepala negara beserta delegasi dari negara dimana lagu tersebut berasal.

Fryda merasa bersyukur dan bangga atas apresiasi PM Modi. Ia mengaku memang berlatih keras untuk membawakan lagu itu dengan baik. Kepercayaan yang diberikan oleh pihak Istana kepadanya cukup menopang. Tampil pada jamuan resmi Presiden RI menyambut tamu kepala negara asing, membuat Fryda bernyanyi di depan dua kepala negara dengan tanggung jawab yang tidak sedikit.

Media India yg memiliki sirkulasi terbesar di antara semua surat kabar berbahasa Inggris di dunia, Times of India pun turut menyebarluaskan kehangatan penyambutan Perdana Menteri Modi melalui artikel berjudul "My Grand Son is Also Named Srinandera : Indonesian President Widodo to PM Modi" dan secara khusus menempatkan Fryda Lucyana sebagai salah 1 highlight dalam artikel yang ditulis pada tanggal 30 Mei 2018 malam dengan paragraf yang tak kalah membanggakan "At the banquet hosted by the Indonesian President, PM Modi was welcomed with a performance by the renowned Indonesian singer Fryda Lucyana who is not only known for her voice buat also for her social and charity work. The singer performed a rendition of the famous song "Sabarmati Ke Sant Tune Kar Diya Kamal" from 1954 movie "Jagriti". “Times of India” juga menurunkan satu artikel khusus tentang penampilan Fryda pada jamuan resmi dengan foto profil Fryda dan PM Modi.

Tulisan itu kemudia viral. Segera diikuti oleh berbagai media online India lainnya, antara lain aninews.com, indiatimes.com, timesnownews.com dan masih banyak media India lainnya yang langsung menempatkan Fryda pada judul artikel masing-masing, diantaranya "WATCH : Indonesian singer Fryda Lucyana enthrals PM Narendra Modi with "Sabarmati Ke Sant", baik dalam format berita online, youtube, facebook maupun twitter.


Maraknya media-media India yang sudah selama tiga hari terus membahas secara khusus respon positif Perdana Menterinya atas penyambutan Pemerintah Indonesia melalui penampilan penyanyi tanah air, telah membuktikan kemampuan kita melakukan beragam diplomasi yang berbuah manis.