THR Pegawai Daerah Pakai Dana Pusat

Category: Berita -> EKONOMI & BISNIS | Posted date: 2018-06-02 14:46:58 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


Ceknricek.com - Para pegawai di daerah tidak perlu khawatir karena mereka juga menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke 13. Pemerintah Daerah tidak perlu bingung mencari anggarannya karena sudah disetor oleh pemerintah Pusat melalui dana alokasi um



Ceknricek.com - Para pegawai di daerah tidak perlu khawatir karena mereka juga menerima  Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke 13. Pemerintah Daerah tidak perlu bingung mencari anggarannya karena sudah disetor oleh pemerintah Pusat melalui dana alokasi umum (DAU).

Sebelumnya, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengaku mendapat laporan dari daerah tentang sumber dana untuk membayar THR dan gaji 13. “Jumlahnya tahun lalu sebanyak gaji pokok, tahun ini sebanyak take home pay. Uangnya dari mana?” katanya kepada Ceknricek.com.

Dengan adanya dana DAU dari pemerintah pusat, maka persoalan pembayaran THR dan gaji 13 di daerah bisa diatasi.

Sebagai contoh, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menyiapkan anggaran untuk THR aparatur sipil ngara (ASN) dan pimpinan serta anggota DPRD setempat sebesar Rp29,65 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Malang Sapto Prapto Santoso di Malang, mengatakan pada pekan pertama Juni, THR dibayarkan.

“Paling lambat 8 Juni harus tuntas pembayaran THR ini. Sedangkan untuk gaji ke-13 dibayarkan pada Juli mendatang. Nominal pembayaran THR dan gaji ke-13 sama karena komponennya sama, yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan umum, dan tunjangan kinerja," ujarnya, Sabtu (2/6). "Untuk kebutuhan pembayaran THR dan gaji ke-13 ASN ini anggarannya mencapai Rp59,3 miliar," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto mengatakan pemberian THR dan gaji ke-13 untuk PNS dan pimpinan serta anggota DPRD tidak mengganggu APBD karena dana tersebut sudah masuk perhitungan pemerintah dalam mentransfer dana alokasi umum (DAU) ke daerah.

Dengan demikian, dana untuk THR dan gaji ke-13 tersebut sudah ditransfer oleh pemerintah sejak awal. Sedangkan untuk tenaga honorer, Pemkot tidak bisa memberikan THR karena tidak ada dasar hukumnya.

Singkawang

Pemerintah Kota Singkawang menyiapkan anggaran Rp30,3 miliar untuk pembayaran gaji sekaligus THR  Idul Fitri aparatur sipil negara (ASN).

“Kita sudah menyiapkan anggaran Rp30,3 miliar untuk pembayaran gaji dan THR untuk seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kota Singkawang," kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota setempat Muslimin di Singkawang, Sabtu dikutip dari Antara.

Dana yang dipakai adalah dari APBD Pemkot Singkawang yang telah diperhitungkan oleh Kementerian Keuangan dari alokasi translokasi Pemkot Singkawang tahun anggaran 2018.

Jabar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan dana alokasi umum (DAU) untuk membayar tunjangan hari raya (THR) Lebaran 2018 bagi sekitar 13 ribu pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Jawa Barat sudah tersedia.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan alokasi anggaran yang akan diberikan paling lambat dua pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri tersebut saat ini sudah ada di kas daerah.

“Insya Allah sudah ada, nanti akan ada mekanisme penyaluran seperti biasa," kata Iwa Karniwa kepada wartawan.

Lebih lanjut, Iwa mengatakan, selain THR, anggaran untuk gaji ke-13 yang dibayarkan setelah Lebaran dipastikan sudah ada.