Masjid dengan Arsitektur Indah di Jakarta

Category: Berita -> SOSIAL BUDAYA | Posted date: 2018-06-03 17:09:45 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


Berkunjung ke masjid menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin beberibadah. Di masjid Anda bisa pula merenung dan mendamaikan hati dengan lebih khusyuk



Ceknricek.com - Berkunjung ke masjid menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin beberibadah.  Di masjid Anda bisa pula merenung dan mendamaikan hati dengan lebih khusyuk.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan dan kemegahan arsitektur masjid.  Selain  menjadikan hati semakin damai bisa memanjakan mata Anda juga bukan?  Berikut Ceknricek.com akan membahasnya.

Masjid Istiqlal 

Masjid berada  di bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka dekat dengan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Masjid ini didirikan tahun 1978 lewat desain karya Frederich Silaban. Istiqlal artinya merdeka. Nama Istiqlal sebagai  perwujudan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

Memiliki gaya arsitektur modern, masjid ini dapat menampung sekitar 200.000 jamaah. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar, dengan satu kubah besar berdiameter 45 meter. Masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. 

Masjid Raya Jakarta Islamic Center

Masjid ini dirancang dengan arsitektur khas Betawi, berlokasi di Kramat Jaya, Jakarta Utara. Masjid  didirikan di atas  tanah bekas  lokalisasi Kramat Tunggak. Masjid memiliki  menara setinggi 114 meter yang di filosofikan sesuai dengan jumlah surat dalam Al-quran. 

Masjid Lautze

Masjid yang ini mempunyai keunikan arsitekturnya yang bergaya oriental. Masjid berada di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Dari luar,  masjid ini terlihat seperti bangunan ruko. Uniknya lagi masjid ini menggunakan warna-warna cerah seperti kuning, merah dan hijau khas negeri Tiongkok.

Masjid indah ini dibamgun tahun 1991 dan diresimkan pada tahun 1994, oleh Yayasan Haji Abdulkarim Oei Tjeng Hien (YHKO), seorang Muslim keturunan Cina. Masjid ini menjadi tempat berkumpulnya para mualaf dari keturunan Cina. Pada bagian dalam masjid banyak dihiasi dengan ornamen – ornamen bernuansa oriental namun menyatu dengan lafadz Al-quran.

Masjid Agung Al Azhar

Nuansa arsitektur khas Timur Tengah akan Anda rasakan ketika memasuki masjid ini. Dengan kemegahan di dominasi warna putih, masjid ini terletak di Sisingamangaraja, Kebayoran Baru. 

Luas masjid ini 43.756 m2. Sebelum bernama Masjid Agung Al Azhar, memiliki nama Masjid Agung Kebayoran. Di sini sering diadakan kegiatan majelis taklim hingga studi mengenai Islam. Selain berwisata Anda juga akan mendpatakan berbagai edukasi mengenai Islam. 

Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman

Di Cassablanca terdapat masjid yang sangat unik, yang biasa disebut masjid perahu. Kenapa disebut masjid perahu ? Sebenernya masjid ini memiliki bangun seperti masjid pada umumnya, sedangkan perahu itu sendiri berada di samping masjid secara terpisah. Perahu tersebut dibuat karena terinspirasi oleh kisah Nabi Nuh a.s , dan memiliki fungsi sebagai tempat wudhu. Tidak hanya sampai di situ letak keunikannya. Ada hal lain yaitu sebuah Al-quran kuno raksasa berukuran 2 x 1,5 meter dengan tebal 30 cm.