Fakta Tim Jepang di Piala Dunia

Category: Berita -> OLAHRAGA | Posted date: 2018-06-05 11:20:08 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


Kesebelasan Jepang lolos ke Piala Dunia 2018 menjadi wakil Asia bersama 4 tim lain yakni Iran, Korea Selatan, dan Australia. Kali ini adalah keikutsertaan Jepang yang ke empat kali di Piala Dunia



Ceknricek.com - Kesebelasan Jepang lolos ke Piala Dunia 2018 menjadi wakil Asia bersama 4 tim lain yakni Iran, Korea Selatan, dan Australia. Kali ini adalah keikutsertaan Jepang yang ke empat kali di Piala Dunia. Berikut fakta tentang kesebelasan Jepang:

Pelatih Baru

Pelatih Akira Nishino hanya diberi waktu dua bulan untuk mempersiapkan Jepang menuju Piala Dunia 2018. Ia  menggantikan  Vahid Halilhodzic yang diberhentikan setelah penampilan tim cenderung menurun.

Halilhodzic, yang memimpin Aljazair ke putaran kedua di Piala Dunia 2014, mengubah gaya permainan  Jepang. Semula Jepang memiliki tradisi permainan yang mengalir, tapi Halilhodzic mengubahnya menjadi strategi  serangan balik. Dia juga membuang  tiga pemain utama: Keisuke Honda, Shinji Kagawa dan Shinji Okazaki.

Pada saat Halilhodzic diberhentikan pada bulan April, Samurai Biru hanya memenangkan tiga dari 10 pertandingan terakhir mereka.

Nishino yang berusia 63 tahun pernah melatih Gamba Osaka dan sukses meraih gelar domestik pertama pada tahun 2005 dan memenangkan Liga Champions Asia tiga tahun kemudian. Ia memainkan strategi  permainan passing yang menarik dan lancar.

Penjaga Gawang Senior

Kiper Eiji Kawashima, yang bermain di Piala Dunia 2010 dan 2014, sekarang berusia 35 tahun, akan jadi andalan di Rusia. Dia menghabiskan beberapa tahun terakhir bermain untuk klub di Belgia, Prancis, dan Skotlandia.

Pelapisnya, Shusaku Nishikawa juga kiper berpengalaman. Sedangkan Kosuke Nakamura adalah pilihan ketiga.

Bek Kelas Eropa

Bek Marseille Hiroki Sakai bermain sebagai bek kanan.  Sementara  Yuto Nagatomo, yang bermain di Galatasaray, akan ada di sisi kiri.

Pemain lain, Maya Yoshida dari Southampton menjadi bek tengah.

Gelandang Berpengalaman

Makoto Hasebe adalah jenderal lini tengah berpengalaman di  Bundesliga. Ia pernah membela Wolfsburg, Nuremberg dan Eintracht Frankfurt.

Hasebe yang bertindak sebagai  kapten tim bersama Hotaru Yamaguchi bertugas mengatur permainan.  

Stiker Andalan

Honda belum mencetak gol untuk Jepang dalam dua tahun terakhir  tetapi berpengalaman memimpin serangan.

Kagawa memiliki kesempatan lebih besar untuk bermain di bawah pelatih baru.  Sementara  Okazaki, yang memenangkan gelar Premier League dengan Leicester, mungkin mendapatkan posisi utama  untuk masuk starting line-up sebagai penyerang.

Jadwal Laga

Jepang tidak akan memainkan pertandingan Grup H di Kazan, di mana mereka memiliki basis pelatihan mereka. Lupa pembuka, Jepang melawan Kolombia di Saransk pada 19 Juni. Tim Jepang kemudian  melakukan perjalanan ke Yekaterinburg untuk berlaga melawan Senegal pada 24 Juni dan kemudian menghadapi Polandia di Volgograd pada 28 Juni.

Piala Dunia 2014, Jepang hanya mengumpulkan satu poin. Di bawah pelatih baru,  Jepang diharapkan mampu tampil lebih baik.