INDONESIA MOVIE REVIEW

A DOG’S JOURNEY (2019)

IMR 096
Re-Re-inkarnasi Sahabat Terbaik Manusia
A DOG’S JOURNEY
Ulasan : Yan Widjaya
Nilai IMR & AMR : Oleh Komite IMR

IMR 096
Re-Re-inkarnasi Sahabat Terbaik Manusia
A DOG’S JOURNEY
Ulasan : Yan Widjaya
Nilai IMR & AMR : Oleh Komite IMR

7.7

IMR

7.7

IMR

8

AMR

8

AMR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter

LSF : Untuk Semua Umur

Durasi : 109 Menit

Tayang : 10 Juli 2019

Genre : Drama-Comedy

Para Pemain : Josh Gad, Dennis Quaid, Kathryn Prescott, Henry Lau, Marg Helgenberger, Betty Gilpin, Jake Manley, Johnny Galecki, Ian Chen

DOP : Roger Stoffers

Skenario : W. Bruce Cameron, Maya Forbes, Cathryn Michon, Wallace Wolodarsky

Cerita : W. Bruce Cameron

Sutradara : Gail Mancuso

Produser : Gavia Polone

Produksi : DreamWork, Walden Media, Amblin Entertainment, Reliance Entertainment, Alibaba Pictures

MICHIGAN, pedalaman, dua puluh tahun lalu. Dalam sebuah rach hidup keluarga Montgomery yang terdiri dari Ethan, sang kepala keluarga, Hannah, isterinya, bersama Gloria, menantu mereka, serta anaknya yang masih kecil, CJ, dan tak boleh dilupan si anjing gembala setia Bailey. Semua yang digambarkan dalam film ini adalah lewat suara batin si Bailey. Dan terpatri dalam hati Bailey, amanat majikannya, untuk selalu menjaga CJ, cucu majikannya.

Henry, anak Ethan, atau suami Gloria, meninggal dalam usia muda. Hal ini membuat Gloria merasa sangat tertekan, apalagi ia mencurigai mertuanya ingin mengangkangi uang asuransi mendiang suaminya. Maka Gloria nekat, membawa CJ, meninggalkan kampung untuk mengadu nasib ke kota besar!

Ethan dan Hannah tak kuasa melunakkan hati sang menantu, kendati mereka teramat sangat menyayangi si cucu, toh CJ sepenuhnya menjadi hak Gloria. Menyusul kemudian Bailey kehilangan nafsu makannya. Saat diraba, Ethan menemukan benjolan di perutnya. Drh Debby pun memastikan usia si anjing kesayangan takkan lama lagi…

Bailey mati, sukmanya berlari di padang rumput cerah, surganya anjing. Tapi ia tak betah berlama-lama di surga, karena merasa masih punya ikatan tugas di bumi. Maka ia pun menitis sampai berkali-kali, menjadi berjenis anjing, bahkan pernah sekali menjadi Beagle betina, Molly. Anjing jenis Masliff besar pemalas, Big Dog, yang kerjanya tidur melulu di depan kios SPBU. Sampai jenis Terrier cerdas yang diberi nama Max.

Dalam tiga kali penitisan itu secara kebetulan anjing-anjing ini selalu bertemu dengan CJ, bahkan pernah mengorbankan nyawa demi memenuhi janji pada majikan pertamanya. CJ yang bertengkar dengan Gloria, berangkat ke New York untuk mewujudkan cita-cita menjadi penyanyi. Terlunta-lunta sampai bekerja menjadi pembawa anjing-anjing berjalan-jalan. Pertemuannya dengan sahabat di masa kecil, Trent, mengubah nasibnya. Justru Max mengendus bibit kanker bersarang dalam tubuh si pemuda.

Sangat mengharukan ketika CJ datang menyambangi kakek-neneknya di kampung dan Ethan ternganga melihat si anjing kecil Max. Ia yakin Max adalah titisan sukma Bailey, dibuktikan dengan permainan menangkap bola sambil melompati punggungnya!

Keajaiban makhluk ciptaan Tuhan untuk menjadi sahbat sejati terbaik bagi manusia!

 

DUBBER                    

Pengisi suara untuk film animasi memang tidak terlihat sosoknya, namun para pengamat mengenal suaranya. Contoh suara sang singa raja Mufasa yang berbobot mantap, kita mengenalinya sebagai suara asli James Earl Jones dalam dua film The Lion King dulu dan sekarang. Begitu pun dengan suara batin si anjing Bailey, baik dalam film A Dog’s Journey ini, maupun prequelnya, A Dog’s.Purpose, tetap diisi oleh aktor-komedian Josh Gad (48). Sebagai dubber, Josh juga mengisi suara Olaf dalam film animasi Frozen, suara Chuck dalam The Angry Bird, dan berperan sebagai Le Fou dalam Beauty and the Beast (live action).

Seperti sudah disebutkan, film ini memang merupakan kelanjutan langsung dari A Dog’s Puspose (2017) yang digubah dari novel laris karya W. Bruce Cameron. Bujet pembuatannya $ 22 juta, namun dari peredaran dunianya mengeruk hasil nyaris sepuluh kali lipat, $ 205 juta! Keruan dibuat sequelnya, apa lagi memang Cameron pun menulis novel lanjutannya!

Inti kisah film pertama adalah persahabatan sejati antara Bailey, seekor anjing gembala St Bernard-Australia, semenjak kirik, dengan majikannya si bocah Ethan Montgomery, sampai mereka sama-sama tumbuh dewasa. Ethan dewasa diperani aktor watak kawakan Dennis Quaid (65 tahun/93 film). Boleh ditunggu penampilan aktor simpatik ini berperan sebagai Presiden Ronald Reagan dalam biopic Reagan, the Movie (2020).

Sutradara Gail Mancuso tahu benar, kendati Quaid adalah aktor berkualitas, namun tak bisa menjadi magnet bagi penonton kawula muda, maka ia memasang dua bintang yang lagi naik daun sebagai pasangan pemeran utama. Sebagai CJ akronim Clarity June didapuk Kathryn Prescott, aktris Inggris berusia 28 tahun yang sudah tampil dalam 21 film, dipasangkan dengan Henry Lau sebagai Trent. Lau adalah penyanyi, pemusik, penggubah lagu, dan aktor berusia 29 tahun. Keturunan keluarga China yang mukim di Kanada ini namanya terorbit dan menjadi idola cewek remaja sedunia demi menjadi anggota China SuJu (Super Junior).

Pasangan muda inilah yang menjadi pemicu kelarisan film, kendati sejatinya pemeran utamanya adalah sang anjing yang empat kali menitis ke dunia untuk memenuhi janji pada sang majikan. Sebuah film yang berhasil menghangatkan kalbu, khususnya bagi para penyayang hewan…..

Indonesia Movie Rating

4 : Terserah
5 : Biasa Saja
6 : Cukup
7 : Lumayan
8 : Menarik
9 : Bagus
10 : Luar Biasa

Anjuran Menonton Rating

4 : Membuang Waktu dan Uang
5 : Tunggu, tak Perlu Ditonton
6 : Boleh Nonton kalau ada Waktu
7 : Memenuhi Syarat Tontonan
8 : Asyik sebagai Hiburan
9 : Direkomendasikan untuk Ditonton
10 : Jangan Lewatkan!