INDONESIA MOVIE REVIEW

IKUT AKU KE NERAKA (2019)

IMR 093
Rahasia Ibu Kandung di Rumah Sakit Jiwa
IKUT AKU KE NERAKA
Ulasan : Yan Widjaya
Nilai IMR & AMR : Oleh Komite IMR

IMR 093
Rahasia Ibu Kandung di Rumah Sakit Jiwa
IKUT AKU KE NERAKA
Ulasan : Yan Widjaya
Nilai IMR & AMR : Oleh Komite IMR

6

IMR

6

IMR

6.5

AMR

6.5

AMR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter

LSF : 17 +

Durasi : 90 Menit

Tayang : 11 Juli 2019

Genre : Horor

Para Pemain : Clara Bernadeth, Rendy Kjaernett, Cut Mini, Sara Wijayanto, Teuku Rifnu Wikana, Rini Mentari, Ceu Idoh, Dian Sidik, Vonny Anggraeni, Nayla D, Purnama, Raymond Mc., Ence Bagus

DOP : Muhammad Firdaus

Skenario : Fajar Umbara, Azhar Kinoi Lubis

Cerita : Fajar Umbara

Sutradara : Azhar Kinoi Lubis

Produser : Gope Samtani

Produksi : Rapi Films

RUMAH SAKIT JIWA, seorang perempuan parobaya, mengurung diri terus- menerus di dalam kamarnya. Wajahnya masih menampilkan sisa-sisa kecantikan di masa mudanya, namun kini selalu murung, malah terkadang histeris karena dihantui dosa masa lalu…

Di Jakarta, Litasari tengah berbunga-bunga karena segera akan memberikan buah perkawinannya dengan suaminya tercinta, Rama. Merasa sang bayi yang akan lahir memberinya rezeki berlimpah, Rama pun menghadiahi isterinya dengan operasi kecantikan untuk membersihkan kulit punggungnya yang cacat. Di luar dugaan setelah punggungnya mulus, justru Lita diteror oleh sesuatu yang mengerikan!

Pak Adam, si cenayang buta menduga si peneror berasal dari masa lalu Lita. Jadi untuk mengetahui rahasianya, Lita dan Rama mencari ibu Lita, Bertahun-tahun dulu, Lita bertengkar dengan ibunya, janda yang mencari nafkah bukan secara halal, lalu meninggalkan rumah, dan tak pernah kembali sampai kini…

Rumah sang ibu kosong melompong. Konon sang ibu menga!ami shock berat hingga dikirim ke sebuah Rumah Sakit Jiwa. Nah, perempuan bernama Sari yang ditampilkan pada prolog film inilah ibu kandung Lita!

Ternyata memang ada rahasia kelam dari masa lalu Sari yang kini sangat disesalinya. Lita pun baru ngeh kalau ia sejatinya tidak dilahirkan sendirian ke dunia! Lita mempunyai seorang saudari kembar, dan bukan sembarang kembar melainkan…

 

KEMBAR SIAM                    

Alias kembar dempet adalah keajaiban manusia, di mataku lebih mengerikan ketimbang rumor tentang hantu, kenapa begitu? Ya, karena ini adalah kenyataan yang kendati langka terjadi, mungkin hanya satu dalam sepuluh ribu kelahiran, dua bayi yang secara fisik terhubung satu sama lain. Lazimnya saling menempel di bagian dada, panggul, atau bokong. Bayangkan kalau kepala yang saling menempel. Umumnya bayi dempet langsung meninggal setelah dilahirkan, ada juga yang bertahan hidup walau tidak lama. Luar biasa langka yang mencapai usia dewasa apalagi lansia. Tercatat dalam sejarah hanya Chang dan Eng Bunker (1811 – 1874) yang karena lahir di Thailand (dahulu Siam) hingga sampai sekarang diabadikan sebutan Kembar Siam.

Inti cerita film horor ini bertumpu pada seorang wanita muda yang mempunyai cacat di punggung (semula disangka sebagai tanda sejak lahir, padahal bukan). Satu-satunya yang mengetahui rahasia apa sebenarnya cacat itu hanya ibunya yang sudah bertahun-tahun menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa.

Tokoh utama diperani pendatang baru Clara Bernadeth, berpasangan dengan Rendy Kjaernett, sebagai suami-isteri muda. Perihal akting kedua bintang ini masih terasa elementer. Keruan masih jauh kalau dibandingkan dengan tokoh ibu yang menderita, yang dipercayakan pada aktris senior Cut Mini (baru untuk pertama kalinya menjajal main film horor setelah malang-melintang dalam genre drama dan komedi). Sedangkan aktor Teuku Rifnu Wikana didapuk menjadi cenayang (paranormal) tunanetra yang mampu merasakan kehadiran makhluk halus tak kasat mata.

Komedian Ence Bagus tampil didandani sebagai dokter yang menangani persalinan Lita. Anehnya, ketika si pasien pingsan paska melahirkan, dengan enteng si dokter cuma bilang pada sang suami, “Tidak apa-apa, nanti juga sadar sendiri,” lalu berlalu ke luar kamar. Padahal sungguh kelewat berbahaya bagi seorang ibu muda kalau tidak sadarkan diri seusai persalinan, karena bisa keterusan, lewat untuk selamanya (!).

Pengarahan oleh sutradara Azhar Kinoi Lubis yang beberapa kali menjadi astrada bagi Garin Nugroho. Pengaruh Garin membuat gaya, bahkan senyum-senyum Kinoi menjadi sangat mirip sineas kondang gurunya tersebut.

Secara keseluruhan film ini terasa bernuansa film horor Korea atau Thailand. Adegan-adegan yang semula terasa berbelit, toh lambat-laun mengungkap siapa sebenarnya sosok hantu yang meneror pasutri muda tersebut. Dan kejutan pun diberikan Kinoi pada menit penutup filmnya! Sesungguhnya judul film ini memang kelewat seram, hiii, siapa orangnya yang mau ikut ke neraka? Sejahat-jahatnya seseorang masih mendambakan mendapat pengampunan dari Yang Maha Kuasa hingga bisa menjenguk surga!

Indonesia Movie Rating

4 : Terserah
5 : Biasa Saja
6 : Cukup
7 : Lumayan
8 : Menarik
9 : Bagus
10 : Luar Biasa

Anjuran Menonton Rating

4 : Membuang Waktu dan Uang
5 : Tunggu, tak Perlu Ditonton
6 : Boleh Nonton kalau ada Waktu
7 : Memenuhi Syarat Tontonan
8 : Asyik sebagai Hiburan
9 : Direkomendasikan untuk Ditonton
10 : Jangan Lewatkan!