5 Manfaat Minyak Argan Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

5 Manfaat Minyak Argan Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Ceknricek.com -- Saat ini minyak essential banyak dipilih kaum wanita untuk perawatan kulit dan wajah sehari-hari. Salah satunya minyak argan. Minyak ini merupakan ekstrak dari buah argan yang hanya bisa ditemukan di Maroko, Afrika Utara.

Spesialnya lagi, pohon argan baru akan berbuah setelah berusia di atas 30 tahun. Buah argan mengandung minyak yang memiliki kadar vitamin E yang sangat tinggi.

Berikut 5 manfaat minyak argan, dan cara menggunakannya untuk kesehatan dan kecantikan.

Untuk Rambut Kering

Sumber: Istimewa

Selain kaya akan vitamin E, argan oil juga memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk melembabkan, bukan hanya kulit tapi juga rambut Anda. Karena itu, minyak argan disebut-sebut sebagai salah satu conditioner yang tepat bagi rambut yang kering dan susah diatur. Anda juga bisa menggunakan minyak argan secara rutin, terutama pada bagian ujung rambut untuk membuatnya tampak lebih berkilau sekaligus mencegah rambut bercabang.

Cara menggunakan : Tuangkan beberapa tetes minyak argan pada telapak tangan, hangatkan dengan cara menggosok kedua telapak tangan. Lalu, sisir rambut menggunakan jari untuk meratakan minyak argan pada rambut. Anda bisa mengaplikasikan minyak argan pada rambut setelah mengeringkan rambut, atau saat rambut Anda sangat berantakan dan sulit diatur.

Merawat Kuku

Sumber: Istimewa

Vitamin E sepertinya merupakan kandungan wajib yang terdapat di dalam hand and body lotion maupun produk perawatan kulit lainnya. Nah, vitamin E juga efektif menutrisi kuku dan kutikula agar semakin kuat dan sehat. Jika Anda sering melakukan gel manicure yang dapat memiliki beberapa risiko seperti kuku kering, tipis, dan rapuh. Tidak perlu repot-repot mencari produk perawatan kuku, gunakan minyak argan saja!

Baca Juga: 8 Manfaat 'Baby Oil' Untuk Orang Dewasa

Cara menggunakan: Tuangkan beberapa tetes minyak argan pada jari, kemudian oleskan dan pijat di area kuku dan jari Anda.

Melembabkan Wajah

Sumber: Istimewa

Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering dan kerap bermasalah dengan kulit pecah-pecah atau dry patch, minyak argan dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Karena merupakan bahan alami, minyak argan akan melembabkan kulit Anda dan juga menjadikannya lebih lembut. Selain melembabkan, minyak ini pun memiliki kandungan yang dapat membantu memperlambat penuaan alias anti-aging serta membantu menyamarkan bekas jerawat.

Cara menggunakan : Bersihkan kulit secara menyeluruh lalu tunggu hingga kering. Tuangkan 2-3 tetes minyak argan ke telapak tangan, lalu hangatkan dengan cara menggosok kedua telapak tangan. Setelahnya, pijat dengan lembut pada kulit yang bermasalah agar minyak dapat meresap dan merata.

Merawat Kelembaban dan Kesehatan Bibir

Sumber: Istimewa

Jika Anda banyak menghabiskan waktu dalam ruangan ber-AC, bukan hanya kulit yang akan menjadi kering, namun juga bibir. Apalagi, jika Anda adalah pengguna setia liquid lipstick sehari-harinya. Nah, untuk merawat agar bibir Anda tetap lembab dan sehat, gunakan saja minyak argan yang kaya akan vitamin E.

Selain bibir kering, minyak argan juga dapat membantu merawat, melembabkan, dan menyembuhkan kondisi bibir yang pecah-pecah akibat suhu dingin.

Cara menggunakan: Aplikasikan 1-2 tetes minyak argan pada bibir, pijat lembut hingga merata. Gunakan setiap malam sebelum tidur atau sehari-hari sebagai pengganti lip balm.

Mencegah Stretchmarks

Sumber: Istimewa

Jauh lebih mudah untuk mencegah munculnya stretch marks dibandingkan dengan menyamarkannya setelah muncul. Karenanya, jika Anda ingin menghindari stretch marks, Anda perlu merawat kulit secara rutin. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan minyak argan pada area yang berpotensi menjadi stretch marks.

Misalnya, area paha, bokong, maupun perut, terutama jika kamu sedang mengandung. Kandungannya yang tinggi akan omega 3 dan 6, vitamin E, serta antioksidan akan membantu merawat kulit dan menstimulasi produksi kolagen agar kulit terhindar dari stretch marks.

Cara menggunakan : Tuangkan minyak argan secukupnya pada tangan, hangatkan dengan cara menggosokkan kedua telapak tangan. Lalu, usapkan dan pijat lembut minyak argan pada area bermasalah hingga minyak argan merata dan meresap.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait