Foto: Doc. FPTI

Atlet Panjat Tebing Alfian M. Fajri Sabet Gelar Juara Dunia

Ceknricek.com -- Atlet panjat tebing Indonesia, Alfian M. Fajri menyabet gelar juara pada ajang Piala Dunia IFSC 2019, di Prancis, Jumat (13/7) waktu setempat. Ia mencatat waktu 5,764 detik mencapai puncak. Alfian unggul 0,618 detik dari atlet panjang tebing Tiongkok, Zhong Qixin.

Sedangkan medali perunggu nomor speed diraih atlet Rusia, Vladislav Deulin dengan catatan wakti 6,057 detik. "Saya semakin tenang dalam menghadapi tekanan," kata Alfian, Sabtu (13/7).

Ini merupakan gelar juara dunia pertama di Eropa yang diraih Alfian. Sebelumnya, ia juga menyabet kemenangan di ajang serupa seri Tiongkok.

Manajer panjat tebing Indonesia, Pristiawan Buntoro bersyukur Alfian menciptakan rekor. "Pada era speed, ini pertama kali kita juara dunia di Eropa," tandasnya.

Sebelumnya, empat atlet Indonesia pelatnas prakualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 melaju ke putaran final nomor speed di Kejuaraan Dunia Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), di Chamonix, Prancis, 11-13 Juli 2019.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di Jakarta, Jumat (12/7), mengatakan keempat atlet tersebut adalah Aries Susanti Rahayu, Nurul Iqamah, Aspar Jaelolo, dan Alfian M. Fajri.



Berita Terkait