Foto: herfamily.ie

Bahayakah Plester Mulut Saat Tidur Untuk si Kecil? Ini Kata Dokter Anak

Ceknricek.com -- Penyanyi jazz Andien baru-baru ini menerapkan tidur dengan menggunakan plester mulut. Tidak hanya dirinya, suami dan anaknya pun ikut melakukan teknik plester mulut tersebut. Tentu saja dari postingan Andien di Instastory miliknya, banyak netizen bertanya kepada Andien apakah cara tersebut aman untuk anak? 

dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, menjelaskan, hingga saat ini belum cukup banyak penelitian yang dapat mendukung teori tersebut. 

“Ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa teknik pernafasan ini dapat mengurangi frekuensi kebutuhan penggunaan obat saat terjadi serangan asma, namun tidak ada pengaruhnya terhadap fungsi paru-paru,” kata dr. Caessar saat dihubungi ceknricek.com, Sabtu (13/7). 

Menurutnya, sebagaian besar penelitian-penelitian tersebut dilakukan pada subyek dewasa, bukan anak-anak. Metode ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, sehingga secara medis belum menjadi rekomendasi umum. 

“Apabila anak terdiagnosis asma, maka penanganan dan terapi medis masih menjadi pilihan yang utama untuk meringankan gejalanya,” jelasnya. 

Baginya, metode plester mulut ini belum diteliti secara medis sehingga manfaat ataupun bahayanya tidak diketahui.

“Apalagi bila metodenya belum terbukti secara medis, seperti plester mulut, maka tidak ada manfaatnya untuk diterapkan. Justru anak bisa terpapar pada potensi-potensi bahaya yang belum kita ketahui,” sambung dokter anak tersebut. 

Plester mulut dilakukan sebagai penerapan teknik pernapasan Buteyko. Teknik ini merupakan suatu metode latihan mengatur napas yang ditemukan oleh seorang dokter Ukraina pada sekitar tahun 1950-an. Dokter Buteyko mengklaim bahwa metode ini dapat mengatasi gejala penyakit pernapasan, termasuk di antaranya asma.



Berita Terkait