Begini Tips Mencegah Penularan Virus Corona Lewat Makanan | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Sumber: Istimewa

Begini Tips Mencegah Penularan Virus Corona Lewat Makanan

Ceknricek.com— Dikutip dari Live Science, Benjamin Chapman, Profesor dan Spesialis Keamanan Pangan di North Carolina State University, Amerika Serikat menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada bukti ilmiah tentang virus corona dapat menular lewat makanan atau kemasan makanan.

Chapman menegaskan bahwa ada banyak hal yang belum kita ketahui tentang COVID-19. Maka, perlu ditinjau lebih jauh apakah makanan memiliki risiko menyebarkan virus kepada manusia atau tidak.

Namun meski risiko terpapar virus corona dari makanan cenderung rendah, tak ada salahnya Anda dan keluarga melakukan usaha pencegahan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika membeli makanan atau bahan makanan di luar.

Makanan yang dibeli di toko, pasar, atau supermarket:

  1. Sesampainya di rumah, cuci semua buah dan sayuran yang telah Anda beli dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Hal ini untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan tersebut.
  2. Anda pun dapat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik setelah memegang kemasan makanan.
  3. Jika Anda ingin memasak, masaklah makanan di suhu 65 derajat celcius (149 derajat Fahrenheit) selama 3 menit. Hal ini dilakukan untuk mengurangi partikel virus.
  4. Makanan yang berasal dari restoran mempunyai risiko sangat rendah terpapar virus. Mengapa demikian? Karena sebagian besar para karyawannya telah mengikuti peraturan yang berlaku tentang keamanan makanan. Namun untuk mencegahnya, Chapman menyarankan agar Anda dapat mencuci tangan setelah memegang kemasan atau bungkus makanan tersebut.
  5. Selain itu, penting bagi tiap pengusaha di industri makanan untuk memiliki kebijakan terkait kesehatan para karyawannya. Bila ada karyawan yang sakit atau mempunyai gejala seperti orang terkena Covid-19, sebaiknya mereka tetap berada di dalam rumah saja.

 


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait