Dewan Masjid Indonesia Imbau Sterilisasi Masjid Sebelum Salat Idul Adha | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Dewan Masjid Indonesia Imbau Sterilisasi Masjid Sebelum Salat Idul Adha

Ceknricek.com -- Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengingatkan pentingnya sterilisasi masjid sebelum dimulainya penyelenggaraan salat Idul Adha 1441 Hijriah.

Menurutnya sterilisasi penting dilakukan sebelum pelaksanaan salat Id yang akan dilaksanakan pada Jumat (31/7/20) sehingga para jamaah dapat terbebas dari potensi penularan Covid-19 di tempat ibadah.

"Sebelum shalat Idul Adha masjid-masjid dibersihkan, disterilkan dengan disinfektan," katanya dalam jumpa pers daring bersama Satgas Penanganan Covid-19, di Jakarta, Kamis (30/7/20).

Mantan Wakil Presiden itu mengatakan akan sangat baik jika sterilisasi dilakukan juga sebelum dan setelah shalat Jumat sehingga dapat mencegah penularan Covid-19.

Baca juga: JK Pantau Penyemprotan Desinfektan di Masjid Agung Al Azhar Jakarta

JK mengatakan Idul Adha atau hari raya kurban juga tidak akan terlepas dari nilai-nilai ajaran pengorbanan dalam Islam sebagaimana dicontohkan Nabi Ibrahim AS saat hendak menyembelih Nabi Ismail AS.

Nilai-nilai kurban, kata dia, harus menjadi pesan bahwa dalam hidup selalu ada pengorbanan dengan penuh rasa keikhlasan sehingga memberi faedah.

Adapun pengorbanan dalam konteks wabah Covid-19 adalah dengan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk saat pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

"Besok harus disiplin, disiplin ada pengorbanan yang membuat kita tidak nyaman, tapi itu mutlak dilakukan di sekitar 800 masjid Indonesia yang sebagian besar melaksanakan shalat id dan penyembelihan kurban maka perlu disiplin untuk mencegah bahaya yang lebih besar," katanya.

"Jika tidak disiplin maka bisa fatal. Covid-19 itu intinya disiplin dan interfensi dengan sterilisasi rumah, bangunan, kantor serta seluruh sarana-sarana. Itu dua cara yang penting," tandas Jusuf Kalla.

BACA JUGA: Cek LINGKUNGAN HIDUP, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait