Dipilih Jokowi, Ibu Kota Negara Baru Dinamakan "Nusantara" | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Dipilih Jokowi, Ibu Kota Negara Baru Dinamakan "Nusantara"

Ceknricek.com -- Pemerintah telah memilih nama untuk ibukota negara baru di Kalimantan Timur. Nama tersebut adalah "Nusantara".

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, nama "Nusantara" dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden pada Jumat lalu. Beliau mengatakan ibukota negara ini Nusantara," ujar Suharso dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Senin (17/1/22).

Ia menjelaskan, pada awalnya nama tersebut akan dimasukkan dalam RUU IKN, tetapi ditahan karena belum mendapatkan konfirmasi dari presiden.

Nama Nusantara, lanjut Suharso, dipilih karena sudah dikenal sejak lama dan ikonik di dunia internasional. Itu juga menggambarkan kenusantaraan Republik Indonesia.

Nama Nusantara juga dipilih dari sekitar 80 nama lain yang telah diusulkan Suharso setelah berkonsultasi dengan para ahli bahasa. Beberapa pilihan merupakan Nusantara Jaya dan Nusa Karya. (Rmol.id)



Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait