Fakta Unik di Balik Academy Awards 2020 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: AFP

Fakta Unik di Balik Academy Awards 2020

Ceknricek.com -- Ajang penganugerahan paling bergengsi di dunia perfilman dunia, Academy Awards bakal segera digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (9/2) malam waktu setempat atau Senin (10/2) pagi WIB.

Sebelum mengetahui siapa-siapa saja yang membawa pulang predikat terbaik, ada baiknya kita mengetahui deretan fakta unik penghargaan yang telah memasuki edisi ke-92 itu. Berikut rangkumannya dilansir dari AFP.

Anggaran Rp601 Miliar

Penghargaan film Hollywood termegah ini hadir dengan nilai pendanaan US$44 juta. Jika dikonversikan ke rupiah, dengan asumsi kurs Rp13.681 maka Academy Awards 2020 ini ditaksir menelan biaya sekitar Rp601,9 miliar.

Angka itu sudah termasuk US$400 dolar untuk setiap patung Oscar dan US$24,7 ribu untuk karpet merah seluas 16.500 kaki persegi.

Asal-usul "Oscar"

Kerap kali ajang ini disebut Oscar. Sejumlah pengamat Hollywood mengatakan bahwa Academy Award dijuluki Oscar setelah pustakawan Academy, Margaret Herrick - yang akhirnya menjadi direktur eksekutif, melihat piala itu untuk pertama kalinya dan menganggapnya seperti pamannya yang bernama Oscar.

Baca Juga: Daftar Nominasi Academy Awards 2020, Dominasi 'Joker' Berlanjut

Sementara legenda Hollywood Bette Davis diduga mengklaim ia telah menjuluki penghargaan itu karena mengingatkannya pada suami pertamanya, musisi Harmon Oscar Nelson Jr, namun kemudian menarik klaim itu, menurut IMDB.

Lalu, The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) secara resmi mengadopsi nama panggilan "Oscar" tersebut pada tahun 1939.

Patung Oscar

Patung di piala Oscar terbuat dari perunggu padat dan berlapis emas 24 karat. Tingginya 13,5 inci (34 cm) dan memiliki berat 8,5 pon (3,8 kg).

Butuh waktu tiga bulan bagi Polich Tallix Fine Art Foundry di New York untuk membuat batch 50 patung. Lebih dari 3.140 patung telah diserahkan sejak 1929.

Piala tersebut mewakili seorang ksatria yang memegang pedang tentara salib yang berdiri di atas gulungan film dengan lima jari yang merujuk pada lima cabang asli Academy, yakni aktor, sutradara, produser, teknisi, dan penulis.

Sumber: Getty Images

Hadiah Hiburan

Bagi para nomine, bisa masuk jajaran nominasi terbaik sudah merupakan suatu kebanggaan sendiri. Lantas bagi mereka yang kalah dan gagal membawa pulang patung Oscar, mereka juga tidak pulang dengan tangan hampa.

Tahun ini, gift bag untuk nomine Oscar meliputi tiket pesiar dengan yacht mewah, operasi plastik dan layanan perjodohan dalam tas kado yang nilainya lebih dari US$215 ribu atau sekitar Rp3 miliar. Hadiah, itu akan dibagikan kepada 20 nomine kategori akting dan lima pria yang masuk nominasi sutradara terbaik.

Baca Juga: Isi Gift Bag Nomine Academy Awards 2020 Ditaksir Senilai Rp2,96 Miliar

Hadiah yang bakal diterima meliputi perjalanan 12 hari naik yacht senilai US$78 ribu, perawatan wajah senilai US$20 ribu dan layanan perjodohan senilai US$20 ribu. Ada hampir 80 barang yang meliputi baju, gawai, dan pena vape berlapis emas 24 karat.

Nomine dengan Nominasi Terbanyak
Dengan 52 nominasi, komposer John Williams memegang rekor nominasi Oscar terbanyak, dan menjadi yang kedua setelah Walt Disney dengan total 59 nominasi. John Williams masih mendapatkan nominasi di kategori Best Original Score untuk film Star Wars - The Rise of Skywalker (2019).

Sekadar informasi, Williams baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-88 pada Sabtu (8/2). Akankah dirinya mendapatkan patung Oscar sebagai hadiah ulang tahunnya?

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait