Hadapi Korona, Sri Mulyani Tambah Anggaran Kemenkes 1 Triliun | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Hadapi Korona, Sri Mulyani Tambah Anggaran Kemenkes 1 Triliun

Ceknricek.com -- Kemenkes sedang sibuk menghadapi wabah virus corona. Hal itu membuat  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambahkan anggaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekitar Rp 1 triliun. Anggaran tersebut untuk menangkis wabah corona (covid-19). Kemenkes mendapat anggaran Rp 57,4 triliun di tahun 2020.

Sri Mulyani bilang penambahan anggaran itu untuk beberapa kegiatan, seperti logistik perlindungan diri, mobilisasi tenaga kerja kesehatan, penanganan pasien di rumah sakit, serta pengadaan sarana dan prasarana di rumah sakit rujukan.

"Ini kita perkiraan dekati Rp 1 triliun dan kita sudah sediakan untuk Kemenkes," kata Sri Mulyani di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/3/2020), seperti dikutip dari Detikcom.

Anggaran tambahan ini juga, kata Sri Mulyani untuk 132 rumah sakit rujukan, manajemen klinik, pemeriksaan laboratorium, serta pengawasan kantor kesehatan pelabuhan di 134 pintu masuk Indonesia.

Baca juga: Dua WNI kembali Positif Covid-19 di Singapura

Tidak hanya itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga menugaskan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk memudahkan proses impor alat kesehatan yang dibutuhkan dalam negeri.

"Jadi kami ingin berikan keyakinan bahwa langkah-langkah bisa dilakukan tanpa terhalang oleh kendala anggaran. Ini penanganan dari kesehatan di mana aspek dukungan Kemenkeu baik melalui anggaran atau Bea dan Cukai yang ikut dalam pelaksanaan terutama pintu-pintu masuk dan barang masuk terutama alat-alat medis yang dibutuhkan," ungkapnya.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait