Hujan Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Hujan Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat

Ceknricek.com -- Lahan gambut seluas 24,5 hektare yang sebelumnya terbakar di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya Provinsi Aceh hingga Senin, (6/7/20) siang sudah padam setelah kawasan ini diguyur hujan lebat sejak Minggu (5/7/20) malam.

“Alhamdulillah, berkah dengan turunnya hujan, lokasi kebakaran lahan gambut di Aceh Barat sudah padam seluruhnya,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat DR Mukhtaruddin, Senin, (6/7/20) di Meulaboh.

Lokasi kebakaran lahan di Aceh Barat yang padam seluas 10,5 hektare tersebut masing-masing berlokasi di Desa Leuhan dan Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, sedangkan di Kabupaten Nagan Raya berlokasi di Desa Krueng Itam, Kecamatan Tadu Raya.

Menurutnya, kebakaran lahan yang terjadi sejak pertengahan Juni lalu di daerah tersebut telah menyebabkan lahan perkebunan milik masyarakat ikut terbakar.

Diduga, penyebab kebakaran lahan di Aceh Barat, kata Mukhtaruddin, terjadi akibat pembakaran lahan oleh pemilik lahan di saat cuaca kemarau sehingga menyebabkan kebakaran.

Baca juga: Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Belum Berhasil Dipadamkan

Agar musibah serupa tidak lagi terjadi, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan saat musim kemarau karena sangat berbahaya terjadinya kebakaran lahan.

Sementara itu, dari Kabupaten Nagan Raya dilaporkan musibah kebakaran lahan seluas 12 hektare yang terjadi di Desa Krueng Itam, Kecamatan Tadu Raya sejak Ahad hingga Senin siang juga sudah berhasil padam, setelah kawasan itu diguyur hujan.

Sebelumnya, upaya pemadaman api juga melibatkan petugas BPBD Nagan Raya, TNI, Polri, Brimob Nagan Raya, serta masyarakat.

“Kami sangat bersyukur karena hujan sudah memadamkan semua api di lokasi kebakaran,” kata Kepala BPBD Nagan Raya, Mistar yang dihubungi di Suka Makmue.

Meski pun demikian, pihaknya masih tetap waspada dengan musibah kebakaran susulan karena lokasi lahan yang sebelumnya terbakar merupakan lahan gambut yang sangat rawan terjadi kebakaran.

“Lahan yang terbakar ini merupakan lahan milik masyarakat,” kata Mistar menerangkan. (Ant)

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait