Foto: PSSI

Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Ceknricek.com -- Indonesia berhasil terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U20 yang akan dilaksanakan pada 2021 mendatang. Hal ini dipastikan setelah FIFA memutuskan Indonesia sebagai tuan rumah, mengalahkan kandidat terkuat lainnya, Peru.

“Selamat untuk Indonesia,” kata Presiden FIFA, Gianni Infantino usai FIFA Council Meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10), seperti dilansir situs resmi PSSI.

Selain Peru, sebelumnya ada beberapa negara lain yang berkeinginan menjadi tuan rumah. Mereka ialah Myanmar/Thailand (AFC), Bahrain/Arab Saudi/Uni Emirat Arab (AFC), dan Brasil (CONMEBOL). Semua negara ini menarik diri hingga menyisakan Indonesia dan Peru.

Salah satu aspek yang disebut-sebut PSSI sebagai faktor penentu keberhasilan Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ialah keindahan alam, beragam kebudayaan, dan tentunya fanatisme persepakbolaan yang dimiliki Indonesia.

“Alhamdulillah kerja keras kita membuahkan hasil. Presentasi kita dinilai dan diterima baik oleh FIFA. PSSI mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan dukungan penuh kepada PSSI. Apresiasi juga untuk jajaran kementerian terkait dan kepala daerah yang berkomitmen untuk membantu PSSI mewujudkan mimpi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Foto: PSSI

Baca Juga: Timnas Keok 1-3 dari Vietnam, Yanto Basna Jadi Pesakitan

Rencananya, sepuluh stadion dipersiapkan untuk menjadi arena pertandingan yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

"Setelah beberapa kali mendapatkan kepercayaan dari komunitas sepak bola Asia, kali ini PSSI naik level dengan mendapatkan kepercayaan keluarga sepak bola internasional setelah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021," ujar Tisha menambahkan.

Timnas U-19 Lolos

Terpilihnya Indonesia otomatis membuat tim tuan rumah lolos ke babak grup penyisihan 24 besar. Dengan demikian, diprediksi tim Indonesia yang akan dikirmkan ke turnamen dua tahunan itu ialah para pemain yang saat ini termasuk kategori U-19.

Foto: PSSI

Jika menilik pada skuad U-19 Indonesia terakhir, maka mereka antara lain adalah Amiruddin Bagus Kahfi, Sutan Zico,  Beckham Putra Nugraha, Amiruddin Bagas Kaffa dan Ernando Ari Sutaryadi. Saat ini timnas U-19 sendiri sedang mempersiapkan diri untuk kualifikasi Piala Asia 2020, di bawah arahan komando pelatih Fakhri Husaini.

Foto: PSSI

Piala Dunia U-21 2021 merupakan kali kedua Indonesia berpartisipasi pada ajang tertinggi sepak bola U-21 itu. Sebelumnya, Indonesia juga lolos pada edisi 1979, dimana beberapa pemain legendaris yang bermain antara lain Bambang Nurdianysah, Bambang Sunarto, Budhi Tanoto, Endang Tirtana, Subangkit, dan Mundari Karya.

Pada turnamen yang diselenggarakan di Jepang itu, Indonesia yang tergabung di Grup B harus rela menjadi bulan-bulanan Argentina, Polandia, dan Yugoslavia. Indonesia dilumat Argentina 0-5, dihajar Polandia 0-6 dan ditekuk Yusoglavia 0-5. Legenda hidup Argentina, Diego Armando Maradona bahkan turut menyumbang dua gol kala membekuk Garuda Muda.

Argentina juga yang akhirnya keluar sebagai juara edisi tersebut. Sementara Polandia, berhasil menduduki peringkat empat.

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait