Istri Pendiri Kompas Gramedia Tutup Usia | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Istri Pendiri Kompas Gramedia Tutup Usia

Ceknricek.com-- Rosa Antonia Kusmardijah, istri Pollycarpus Swantoro, salah seorang pendiri Kompas Gramedia, tutup usia hari ini, Jum’at (19/10/11) di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta. Rosa meninggal di usia 86 tahun. Ia menyusul sang suami yang telah mendahului dipanggil Tuhan pada 11 Agustus 2019.

Rosa meninggal pukul 04.38 WIB dengan tenang. Menurut putra pertamanya, Norbertus Nuranto, ibunya meninggal karena tua. Bukan karena sakit. Saat ini jenazah disemayamkan di Rumah Duka Sentosa Ruang VVIP G lantai dasar, Jalan Abdul Rahman Saleh No. 24  (RSPAD), Jakarta Pusat. Menurut rencana jenazah akan dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Sabtu, 20 November 2021.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari dan Sekjen PWI Mirza Zulhadi turut berduka cita atas meninggalnya Rosa Antonia Kusmardijah. Selama ini , mendiang terlibat aktif  menghidupkan organisasi Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

Ibu Swantoro -- demikian panggilan akrabnya-- semasa hidupnya pernah aktif sebagai pengurus IKWI Pusat. Ketika kepengurusan IKWI dipimpin oleh Ibu Harmoko, Ibu Swantoro sudah aktif dalam kepengurusan IKWI. Harmoko saat itu menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat tahun 1973- 1983.

Mendiang Rosa Antonia Kusmardijah

Kemudian Ibu Swantoro juga masih turut mengurus IKWI ketika PWI Pusat diketuai Zulharmans (1983- 1988), Sofyan Lubis, Sugeng Widjaja, Tarman Azam, Margiono  (2008-2018), hingga Atal S. Depari (2018- 2023).

Di masa PWI diketuai Atal S. Depari, ibu Swantoro sudah sepuh. Namanya masih dicantumkan sebagai penasihat kehormatan IKWI dengan harapan bisa memberi semangat dan inspirasi bagi yang muda-muda.

“Kami turut kehilangan atas berpulangnya beliau. Ibu Swantoro semasa hidupnya banyak mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk IKWI,” tutur Ketua Umum IKWI Pusat Indah Kirana.

Ketika mendengar kabar duka cita Ibu Swantoro meninggal, grup WhatsApp yang menjadi media komunikasi antar pengurus PWI, IKWI,PWI Peduli, dan keluarga wartawan bersahut-sahutan menyampaikan rasa duka dan doa atas berpulangnya Ibu Swantoro yang punya kepedulian dan perhatian kepada anggota dan staf-staf sekretariat PWI Pusat.

“Ibu Swantoro orangnya baik, ramah terhadap siapa saja. Saya beberapa kali ke rumahnya di Kompleks Griya Wartawan, Cipinang Muara, Jakarta Timur,” tutur Taty Fatimah, karyawan senior Kantor PWI Pusat Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Foto: Istimewa

Kalangan wartawan senior, antara lain Karim Paputungan, Rita Sri Hastuti, Ilham Bintang (Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat), Suprapto, Slamet Mulyadi, Ketty Syaukoli, dan Umi menyampaikan doa dan ucapan rasa bela sungkawa atas kepergian Ibu Swantoro.

Putranya, Nuranto terakhir mendengar ucapan ibunya bahwa ia akan meninggal. Ia tidak menyangka karena ibunya sering bercanda, “Nur saya mau meninggal,” katanya.

Ibunya juga tidak meninggalkan pesan apa-apa. “Dia sangat sederhana, jadi orang ya biasa saja,” tutur Nuranto yang teringat pesan ibunya yang sering disampaikan pada anak-anaknya, Paulus Prananto, Henricus Herianto, Emmanuel Ernawan, dan Nuranto sendiri.

Pesannya seperti ini, “Harus selalu tekun berusaha dan sabar. Nanti akan bisa”.

Kini ibu Swantoro yang sabar dan humoris itu telah pergi untuk selamanya. Selamat jalan Ibu  Swantoro. Kiranya Tuhan memberikan keabadian di surga bersama suami tercinta P. Swantoro.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait