JMSI Luncurkan SemuaNews | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

JMSI Luncurkan SemuaNews

Ceknricek.com--Peluncuran SemuaNews merupakan rangkaian dari peluncuran dua buku yang ditulis Teguh Santosa, "Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik" dan "Buldozer dari Palestina" yang berisi kumpulan wawancara dengan sejumlah duta besar negara sahabat di Jakarta.

"Saya menggunakan kesempatan ini (peluncuran buku) untuk meluncurkan program kerja kami di JMSI. Program kami ini, kami beri nama aplikasi SemuaNews," ujar Teguh.

Mantan anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat ini menjelaskan, melalui SemuaNews, masyarakat pembaca akan mendapatkan informasi yang berasal dari media yang sudah terverifikasi, baik secara administrasi maupun faktual, dalam pendataan di Dewan Pers.

"Aplikasi ini tidak hanya untuk anggota JMSI saja, tetapi terbuka untuk semua media. Maka namanya SemuaNews. Untuk semua publishers, untuk semua audiences, untuk semua anak bangsa Indonesia," kata Teguh.

Di tengah perkembangan dunia digital yang semakin pesat, masyarakat mendapatkan semua jenis informasi, baik yang benar, hoax, maupun hate speech. Di aplikasi SemuaNews, Teguh mengatakan, pihaknya akan  meminimalisir hal-hal negatif.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu memberikan apresiasi yang tinggi pada inisiatif JMSI. Dia mengatakan platform yang dikerjakan JMSI ini dapat menjadi platform alternatif.

"Mungkin aplikasi seperti ini juga bisa diinisiasi organisasi media lain. Terima kasih juga karena mengedepankan media yang sudah terverifikasi, artinya menjalankan UU 40/1999 tentang Pers,” kata Ninik.

Peluncuran SemuaNews dihadiri mantan Menko Perekonomian dan Menko Maritim DR. Rizal Ramli; Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu RI, Umar Hadi; Komisaris Independen PT Dirgantara Indonesia sekaligus mantan Duta Besar RI untuk Jepang, Yusron Ihza; dan mantan Walikota Medan Rahudman Harahap.

Selain itu, perwakilan negara sahabat untuk Indonesia yang hadir adalah Dubes Rusia Lyudmila G Vorobieva; Dubes Maroko Ouadia Benabdellah; Dubes Venezuela Radames Jesus Gomez Azuaje; Dubes Sudan Yassir Mohamed Ali; Charge d’affaires Afghanistan Qais Barakzai; dan Counselor Korea Utara So Kwang Yun.

Pimpinan JMSI di seluruh Indonesia yang baru menghadiri Rapat Pleno Diperluas sehari sebelumnya (Sabtu, 29/7) juga menghadiri peleuncuran SemuaNews.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait