Jokowi Instruksikan Percepatan Penanganan Bencana NTT dan NTB | Cek&Ricek kula-coffee
(Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Jokowi Instruksikan Percepatan Penanganan Bencana NTT dan NTB

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta percepatan proses evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban yang belum ditemukan akibat bencana alam di Nudsa tentara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

“Ini saya minta Kepala BNPB, Kepala Basarnas [BNPP], dibantu dengan Panglima TNI dan Kapolri dengan seluruh jajarannya [untuk] mengerahkan tambahan personel SAR, sehingga dapat menjangkau lebih banyak wilayah terdampak,” papar Jokowi dalam rapat terbatas Selasa (6/4/21).

Dalam upaya tersebut, Presiden juga memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk turut mengerahkan alat-alat berat dari berbagai tempat.

“Jika jalur darat masih sulit ditembus, saya juga minta agar dipercepat pembukaan akses melalui laut maupun udara,” imbuhnya.

Selain itu Jokowi juga meminta jajaran terkait untuk memastikan hadirnya pelayanan kesehatan dan pertolongan medis yang dibutuhkan oleh para korban. Untuk itu, Presiden menginstruksikan Menteri Kesehatan untuk mengerahkan tim bantuan medis secepatnya sampai di lokasi.

“Saya minta Menteri Kesehatan juga untuk memperbanyak tempat-tempat pelayanan kesehatan di lapangan, juga mempersiapkan rumah sakit untuk menangani para korban, serta memastikan ketersediaan tenaga medis dan obat-obatannya,” ujarnya.

Lebih lanjut presiden juga meminta jajarannya untuk mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi akibat cuaca sangat ekstrem yang melanda berbagai kawasan di Indonesia.

“Saya minta untuk BMKG untuk menggencarkan peringatan cuaca ekstrem akibat dari Siklon Tropis Seroja ini. Pastikan seluruh kepala daerah dan masyarakat dapat mengakses, memantau prediksi cuaca dan iklim yang dikeluarkan oleh BMKG,” pungkas Jokowi.

Baca juga: Korban Meninggal Akibat Bencana Alam di NTT Jadi 128 Orang



Berita Terkait