Kemensos Beri Bantuan Atensi Korban Banjir Karawang | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Kemensos Beri Bantuan Atensi Korban Banjir Karawang

Ceknricek.com -- Kementrian Sosial (Kemensos) melalui Balai Disabilitas Ciungwanara memberikan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) korban bencana banjir sungai Citarum dan Cibeet yang merendam 15 Kecamatan di Karawang, Jawa Barat.

Lewat Tim Respon Cepat (TRC) yang terdiri dari pekerja sosial, terapis okupasi dan perawat, Balai Disablitas Ciungwanara, mereka melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Karawang.

"Kami menyarankan untuk pengalokasian Bantuan Atensi dapat diberikan ke Panti Darma Sosial Rehabilitasi Mental dan Grahita di desa Sinar Jaya yang telah terisolir sejak Jumat kemarin," terang Asep salah satu koordinator dalam siaran tertulis, Kamis (25/2/21).

Abdul aziz, Kadinsos kabupaten Karawang menyampaikan bahwa daerah tersebut menjadi kawasan langganan banjir akibat air limpahan dari Bogor dan Bandung.

"Ini Banjir kedua yang melanda Karawang di Tahun 2021. Baru selesai warga berbenah rumah pasca banjir yang pertama, ternyata dapat banjir kiriman kedua yang lebih besar,” tutur Abdul menjelaskan.

Tim TCR juga melakukan asesmen lokasi banjir bersama Kabid Linjamsos, Asep, untuk menentukan daerah mana yang akan menjadi target penyerahan Bantuan Atensi.

Pemilik Panti Sosial menuturkan bahwa saat banjir terjadi, seluruh panti terendam banjir dan akses jalan terputus selama beberapa hari, ia sangat berterima kasih atas Bantuan Atensi yang diberikan Kemensos RI.

"Saya sangat berterima kasih sekali atas bantuan dari Kementerian Sosial RI untuk Panti Darma Sosial. Kami sungguh dalam kondisi serba kekurangan ditambah adanya musibah banjir yang sudah dua kali merendam panti,” tutur Engkong Herman pemimpin Panti.

Selain memberikan Bantuan Atensi, tim juga memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) berupa penguatan motivasi serta manajemen stres, pemeriksaan kesehatan berupa pengecekan tekanan darah, serta manajemen kasus pada warga binaan di panti tersebut. 

Baca juga: 37.792 Korban Banjir Kabupaten Bekasi Masih Bertahan di Posko

Baca juga: Kemensos Lakukan Asesmen Atensi Penyandang Disabilitas


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait