Foto: AP

Lewat "Exit Poll" Narendra Modi Dipastikan Menang Pemilu di India

Ceknricek.com -- Lewat hasil jajak pendapat (exit poll) pemilihan umum di India telah diumumkan oleh sejumlah media, Senin (20/5). Dari "exit poll" memperlihatkan kemenangan Narendra Modi dari koalisi petahana Partai Bharatiya Janata (BJP).

Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang dipimpin BJP diproyeksikan akan memenangkan antara 339 hingga 365 kursi di Majelis Rendah Parlemen yang beranggotakan 545 orang, dengan aliansi oposisi yang dipimpin kongres memperoleh antara 77 dan 108 kursi.

Margin kemenangan BJP juga diprediksi lebih besar dari hasil jajak pendapat yang ditunjukkan menjelang pemilihan. Adapun suara akan dihitung pada, Kamis (23/5) mendatang, dan hasilnya kemungkinan akan keluar pada hari yang sama.

Perdana Menteri dan para pemimpin BJP lainnya tidak segera mengklaim kemenangan. Namun, juru bicara BJP G.V.L. Narasimha Rao mengatakan jajak pendapat jelas menunjukkan suara positif besar bagi kepemimpinan Narendra Modi, yang telah melayani negara dengan dedikasi yang tak tertandingi.

Menteri Keuangan Arun Jaitley, Senin (21/5) mengatakan, dia memiliki kepercayaan pada hasil jajak pendapat. 

"Ketika beberapa jajak pendapat keluar menyampaikan pesan yang sama, arah hasilnya secara luas akan sesuai dengan pesan itu," kata Jaitley.

Dilansir Reuters, BJP akan mengadakan pembicaraan sore ini dengan mitra koalisi mengenai pembentukan pemerintah di kantor pusatnya di New Delhi. Pembicaraan akan dipimpin oleh presiden partai, Amit Shah.

Pemiliham umum di India telah dilaksanakan sejak 11 April 2019 hingga 19 Mei 2019.



Berita Terkait