Foto: sipendik.com

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Ceknricek.com -- Salam (Syzygium polyanthum) merupakan pohon "penghasil" rempah. Orang asing memanggilnya bay-leaf atau Indonesian laurel. Di Indonesia, pohon ini memiliki beberapa nama panggilan antara lain kastolam, manting, dan meselengan.

Pohon ini tersebar di beberapa negara Asia Tenggara. Berkat ketersediaannya, daunnya ini mudah ditemukan di pasar. Harganya pun relatif murah. Lalu, apa saja manfaat daun ini?

Mengendalikan diabetes

Daun salam bisa digunakan untuk mengontrol diabetes. Soalnya, ternyata salam kaya akan antioksidan. Zat ini bisa membantu proses produksi insulin tubuh. Tak berhenti di situ, daun salam ternyata bisa membantu menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Beberapa penelitian juga menyatakan, bay-leaf ini bisa mengatasi diabetes tipe 2.

Mengendalikan tekanan darah

Flavonoid merupakan salah satu zat yang ada dalam Syzygium polyanthum. Zat ini mampu membantu tubuh untuk mengendalikan tekanan darah. Untuk memanfaatkannya, ambil 10 lembar daun salam dan rebus dengan tiga gelas air. Dengan mengonsumsi air rebusan daun salam setiap hari, tubuh kamu akan mampu mengendalikan tekanan darah.

Meredakan batuk

Batuk juga bisa diredakan dengan daun salam. Caranya pun cukup mudah. Rebus dua lembar daun dalam dengan segelas air. Setelah air mendidih, dinginkan selama 10 menit. Kemudian, rendam kain atau handuk dalam ramuan tersebut. Lalu, usapkan kain pada dada penderita batuk. Metode ini dipercaya dapat meredakan batuk dan membantu pemulihannya.

Mengobati gangguan pernapasan

Selain itu, daun salam juga dipercaya dapat mengobati gangguan pernapasan. Untuk penyakit ini, ada dua metode olah daun salam yang populer. Pertama adalah menggunakan ekstrak minyak esensial daun salam dan mencampurnya dengan salep. Lalu, usapkan salep tersebut ke dada penderita dan biarkan selama satu malam.

Baca Juga: 3 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Cara kedua adalah dengan menghirup uap rebusan daun salam. Rebus beberapa lembar daun salam lalu letakkan wadahnya di samping kursi atau tempat tidurmu. Uap yang kamu hirup akan membantu mencairkan dahak dan menghilangkan bakteri berbahaya.

Menyehatkan rambut

Daun salam juga dapat digunakan untuk menyehatkan rambut dan menghilangkan ketombe. Caranya mudah. Rebus beberapa lembar daun salam, lalu dinginkan airnya setelah mendidih. Lalu, gosokkan rebusan air tersebut pada kulit kepala. Zat yang terkandung di dalam rebusan tersebut dipercaya bisa menyehatkan kulit kepala dan rambut.

Mengobati batu ginjal

Sebuah penelitian juga mengungkap, daun salam berkhasiat untuk mengurangi tingkat urease dalam tubuh. Sederhananya, daun ini bisa digunakan untuk membantu mengobati batu ginjal.

Nah, itulah beberapa manfaat dan khasiat daun salam. Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, belilah daun salam yang bersih. Jangan lupa juga konsultasi pada dokter sebelum mengonsumsinya. Sekadar untuk jaga-jaga. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait