Foto: Detik

Menjelajahi Taman Nasional Alas Purwo 

Ceknricek.com - Di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Banyuwangi terdapat Taman Nasional. Alas Purwo namanya. Taman nasional yang satu ini sering jadi buruan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Berbeda dengan taman nasional pada umumnya, Alas Purwo menawarkan wisata alam yang lengkap. Tak hanya memiliki hutan yang diklaim sebagai yang tertua di Indonesia, tapi juga ada beberapa destinasi serta aktivitas menarik yang dapat dilakukan pengunjung.

Berikut beberapa aktivitas yang Anda dapat lakukan jika berkunjung di Taman Nasional Alas Purwo.

Menyusuri Gua

Sumber: Aimmah.com

Banyak pengunjung yang datang ke taman nasional ini tidak saja untuk berekreasi, tapi juga untuk bersemedi di gua. Di taman nasional ini terdapat kurang lebih 40 gua. Anda dapat melihat langsung seluruh bagian gua ini.

Satu yang harus diingat, jangan lupa membawa senter dan jangan melakukan hal yang negatif seperti berkata kasar, sebab masyarakat setempat percaya bahwa gua adalah ‘sarang’ dari hal ghaib.

Bermain Air Pantai Trianggulasi

Sumber: Jejakpiknik.com

Tak melulu hutan dan gua, di taman nasional ini, Anda juga akan disuguhkan beberapa pantai, salah satunya adalah Pantai Trianggulasi. Pantai ini memiliki banyak pepohonan rimbun seperti pohon nyamplung, bogem, dan pohon laut.

Baca Juga: Kamojang Ecopark, Destinasi Hutan Pinus Garut

Di pantai ini, Anda bisa melihat banyak satwa yang berkeliaran di sekitar pantai. Mulai dari kera abu-abu, rusa, babi hutan, hingga musang. Pasir yang putih dan air laut yang jernih membuat Sobat Pesona betah bersantai di pantai ini.

Melihat Aneka Ragam Flora dan Fauna

Sumber: Aneka Tempat Wisata

Ke taman nasional satu ini tentu tak akan lengkap jika tidak mengamati aneka ragam flora dan fauna yang ada. Anda bisa melihat satwa liar di savana Sadengan. Waktu terbaik adalah pukul 06.00-09.00 pagi dan 15.30-17.00 sore di mana satwa sedang bermain dan mencari makanan.

Selain fauna yang beragam ada juga flora yang beragam. Taman nasional ini sekitar 40% lahannya ditumbuhi oleh hutan bambu. Hingga saat ini, tercatat ada 584 jenis tumbuhan terdiri dari herba, semak, rumput, liana, dan pohon.

Berkunjung ke Pantai Pancur

Sumber: Wisata Jatim

Pantai Pancur ini terletak satu lokasi dengan taman nasional. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang wajib didatangi karena memiliki keunikan. Keunikannya berasal dari aliran sungai kecil berair tawar yang langsung menuju ke laut.

Aliran sungai ini terbilang unik karena menyerupai air terjun kecil menyebabkan pantai ini dinamakan Pancur yang berarti pancuran. Air laut yang biru dan jernih sangatlah menggoda untuk berenang menikmati segarnya air di pantai tersebut.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait