Sumber : ABCNews

Pasca Kebakaran, Salib di Altar Katedral Notre Dame Masih Utuh

Ceknricek.com -- Salib yang tergantung di tengah Katedral Notre Dame Paris tetap utuh meski api menghanguskan sekitar ruangan altar saat kebakaran, Senin (15/4). Gambar-gambar dari dalam katedral Katolik abad pertengahan itu menunjukkan tembok dan lantai yang menghitam, dengan sisa-sisa bangku yang hangus tertumpuk di depan altar.

Mirror.co.uk, Selasa (16/4) melaporkan, kebakaran membuat atap katedral dan menara utama runtuh, dan jatuh ke lantai setelah dilalap api. Untuk diketahui, ketika kobaran api berlangsung, warga Paris berdiri di tepi Sungai Seine menyanyikan Ave Maria serta mengucapkan doa.

Sumber : AltonTelegraph

Api dilaporkan membakar warisan dunia UNESCO tersebut sekitar pukul 06.50 malam waktu setempat. Dugaan sementara mengindikasikan bahwa api mungkin tidak sengaja berasal dari pekerjaan renovasi yang berlangsung di dalam katedral.

Kepolisian Prancis juga menampik ada motif pembakaran atau terorisme, dan meyakini insiden tersebut sebagai kecelakaan. Pada hari itu juga, Presiden Prancis Emmanuel Macron berjanji akan membangun kembali Katedral Notre Dame.

"Katedral Notre Dame ini, kita akan bangun kembali. Saya berkomitmen mulai besok penggalangan dana nasional akan diluncurkan," kata Emmanuel Macron.



Berita Terkait