Foto: channelfred/Twitter

Pencipta SpongeBoy, Stephen Hillenburg Menutup Usia

Ceknricek.com - Spongebob Squarepants yang berteman dengan Patrick Star merupakan tokoh kartun yang digemari banyak anak di Amerika Serikat, bahkan di seluruh dunia. Kabar duka datang, pencipta kartun bawah laut ini telah menutup usia.

Adalah Stephen McDannell Hillenburg, kreator animasi SpongeBob SquarePants, dikabarkan meninggal dunia pada Senin (26/11) waktu Amerika Serikat. Lelaki yang kerap disapa Steve itu meninggal di usia 57 tahun.

Dilansir dari Variety, Rumah produksi Spongebob, Nickelodeon menyampaikan penyebab kematian Hillenburg yaitu Amyotrophic Lateran Sclerosis (ALS). Penyakit itu sudah diketahui dideritanya sejak Maret tahun lalu.

“Kami sangat sedih mengedar berita bahwa Steve Hillenburg telah meninggal dunia setelah berjuang melawan ALS. Dia adalah seorang teman yang kami cintain dan telah lama menjadi rekan kreatif bagi semua orang di Nickelodeon,” kata Nickelodeon dalam keterangan tertulis (27/11) waktu Amerika Serikat.

Rumah produksi yang terkenal pula membuat Dora The Explorer itu menyampaikan, Steve membuat Spongebob SquarePants dengan rasa humor dan kepolosan yang unik. Karakter-karakter asli yang diciptakan dalam kota khayal bernama Bikini Bottom akan menjadi pengingat tentang optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas.

Hillenburg lulus dari Humboldt State University pada tahun 1984 dengan gelar sarjana dalam Perencanaan Sumber Daya Alam dan Interpretasi, dengan penekanan pada sumber daya laut. Dia kemudian menjadi guru biologi kelautan di Orange County Marine Institute (sekarang Ocean Institute) di Dana Point, California.

Karirnya di bidang animasi dimulai tahun 1987, saat ia belajar di California Institute of Arts di Valencia. Ia meraih gelar master seni murni di tahun 1992.

Di tahun itu juga, ia memenangkan penghargaan untuk Konsep Animasi Terbaik di Festival Animasi Internasional Ottawa dengan animasi pendek berjudul "Wormholes" pendek beranimasi. Karyanya itu kemudian ditampilkan di berbagai festival animasi internasional. Dari tahun 1993 hingga 1996 ia bekerja di televisi sebagai sutradara dan penulis pada seri Nickelodeon “Rocko’s Modern Life.”

Serial Rocko berakhir tahun 1996, setelah itu Steve mulai mengerjakan SpongeBob SquarePants yang terinspirasi dari pekerjaannya sebagai pengajar biologi laut di masa lampau.

Saat menjadi pengajar, Steve membuat komik berjudul The Intertidal Zone yang digunakan untuk mengajari muridnya tentang hewan. Komik tersebut banyak menampilkan kehidupan laut yang dibuat secara antropomorfik, yakni dibuat dengan sifat-sifat atau perilaku seperti manusia. Beberapa karakternya kemudia dikembangkan menjadi tokoh dalam SpongeBob SquarePants. Termasuk tokoh “Bob the Sponge” yang awalnya berwujud spons laut, bukan spons dapur.

Awalnya, tokoh utama dalam animasi SpongeBob Squarepants dinamai SpongeBoy dan acaranya bernama SpongeBoy Ahoy!. Namun, di tahun 2017 setelah perekaman suara untuk episode awalnya, diketahui bahwa nama tersebut sudah digunakan untuk produk kain lap. Akhirnya Steve memutuskan untuk membuat namanya menjadi SpongeBob yang disertai SquarePants karena bentuk kotaknya sebagai nama keluarga.

SpongeBob pertama kali tayang tanggal 1 Mei 1999 dan mendapatkan kesuksesan cukup tinggi. Di musim keduanya, acara ini mendapat peringkat kedua dari acara-acara Nickelodeon lainnya. Saat itu Rugrats menempati posisi pertama. Di musim ketiga, Spongebob berhasil mengalahkan Rugrats.

SpongeBob Squarepants yang telah tayang lebih dari 250 episode tidak hanya dinikmati anak-anak. Pemirsa yang lebih tua seperti mahasiswa pun turut menjadi pemirsa setianya.

Serial animasi ini telah memenangkan penghargaan Emmy Awards di Inggris dan Amerika Serikat, Annie Awars, ASACP Awards. Ia diterima di berbagai belahan dunia, hingga Spongebob telah di-dubbing dan diberi subtitle dalam lebih dari 60 bahasa di dunia.