Foto: Ashar/Ceknricek.com

Rangkuman Pidato Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di depan para tokoh negara dan sejumlah tamu undangan pada Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Berikut rangkuman pidato Jokowi di Sidang Tahunan MPR.

Realisasi Anggaran

Presiden Jokowi menegaskan bahwa realisasi anggaran semestinya diukur dari pelayanan baik yang dirasakan masyarakat bukan dari besaran anggaran tersebut. Menurut Jokowi ukuran keberhasilan akuntabilitas bukan dari formulir dan hal-hal yang bersifat birokratis lainnya, melainkan dari produk yang telah dihasilkan.

Pidato Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Presiden menekankan anggaran negara harus sepenuhnya didedikasikan untuk rakyat. Presiden meminta untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya.

BUMN Harus Berani Bersaing di Kancah Dunia

Jokowi mengatakan, berbagai BUMN yang ada di Indonesia harus berani menjadi pemain kelas dunia, yang dilakukan antara lain dengan mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing di tingkat global.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibu Kota Negara

Kepala Negara mengingatkan bahwa Indonesia memiliki berbagai talenta dengan reputasi yang diperhitungkan di dunia internasional.

Berbagai pelaku usaha, ujar dia, juga harus berani melakukan ekspansi tidak hanya bermain di pasar dalam negeri, tetapi berbagai produk lokal dan nasional juga harus mampu membanjiri pasar regional dan global. "Sekali lagi kita harus semakin ekspansif, from local to global," kata Jokowi.

Perda Jangan Hambat Pelaku Usaha

Jokowi berharap berbagai regulasi yang dikeluarkan oleh berbagai pemerintahan daerah jangan sampai menghambat pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya di Tanah Air untuk melesatkan kinerja perekonomian nasional.

Menurut Presiden, untuk itu tata kelola pemerintahan yang baik, akuntabel, transparan, seluruhnya mutlak dibutuhkan, harus diwujudkan serta dikembangkan.

Persatuan Indonesia Harus Terus Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan semangat persatuan harus terus dijaga dengan menjunjung Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta tanpa memandang perbedaan yang ada di tengah masyarakat.

Pidato Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR
Sumber: Antara

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia dapat berdiri kokoh karena memiliki fondasi yang sangat kuat, yaitu Pancasila. Pancasila adalah dasar negara, bintang penjuru, sekaligus pemersatu segenap bangsa Indonesia.

Masyarakat Harus Siap Hadapi Era Disrupsi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan akan kesiapan masyarakat untuk menghadapi era disrupsi yang mengubah perilaku masyarakat dari semula berkegiatan fisik menjadi dalam jaringan.

Di era globalisasi yang ditandai dengan masuknya revolusi industri 4.0, Presiden mengingatkan seluruh lapisan masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan global.

Studi Banding Harus Efisien