Sehari Setelah Tiba di Jakarta, Shin Tae-yong Langsung Mulai Program Kepelatihan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: PSSI

Sehari Setelah Tiba di Jakarta, Shin Tae-yong Langsung Mulai Program Kepelatihan

Ceknricek.com -- Pelatih tim nasional senior Indonesia Shin Tae-yong telah tiba di Jakarta sejak Rabu (8/1). Sehari setelahnya, pelatih asal Korea Selatan itu langsung memulai program kepelatihan untuk tim nasional dengan rapat koordinasi dan membentuk struktur dan personal Timnas senior, Timnas U-23, Timnas U-19 dan Timnas U-16.

Nantinya, tak hanya menangani timnas senior, Shin juga akan memantau seleksi pemain tim nasional U-19 yang akan dilaksanakan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, mulai Senin pekan depan. Shin juga akan membantu supervisi timnas U-16 dan timnas U-23.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Shin dan asistennya akan berkolaborasi dengan pelatih nasional yang ditunjuk PSSI. Timnas Senior dipimpin langsung, Shin Tae-yong, dibantu Indra Sjafri dan Kim Hae Woon (pelatih kiper).

"Sementara di Timnas U-23 akan dipimpin Indra Sjafri bersama Kim Woo-jae. Untuk Timnas U-19, PSSI mempercayakan kepada Gong Oh-kyun dan Nova Arianto. Untuk Timnas U-16 dipimpin Bima Sakti. Adapun pelatih fisik Lee Jae-hong,” ucap Iriawan di kantor PSSI, Kamis (9/1).

Kondisi ini berbeda dengan sebelumnya, karena dalam struktur tim tidak ada jabatan yang lebih tinggi dari pelatih timnas U-16, U-19 dan U-23. Pada sistem lama, pelatih timnas berada langsung di bawah direktur teknik PSSI.

Sumber: PSSI

"Sinergi dan kolaborasi tim kepelatihan ini diharapkan bisa berjalan dengan baik. Semua pelatih dan stafnya juga sudah berkomitmen untuk bekerja secara penuh di kantor PSSI. Dengan demikian koordinasi, komunikasi dan diskusi bisa dilakukan secara efektif," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Sama seperti tahun lalu, timnas U-16 tahun ini akan berlaga di Piala AFF dan Piala Asia. Lalu timnas U-19 akan disiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021, dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Fakhri Husaini Tutup Pintu untuk PSSI dan Klub Liga Indonesia

Pelatih Indra Sjafri mengaku siap bekerja sama dengan Shin Tae yong. Menurut pelatih timnas U-22 yang meraih medali perak di SEA Games Filipina 2019 lalu, Shin adalah pelatih yang punya pengalaman di Piala dunia.

"Banyak hal yang bisa kita pelajari darinya. Sebaliknya, saya pun akan mengerahkan semua kemampuan saya untuk membangun timnas," ucap Indra.

Proses seleksi timnas U-19 sendiri akan berlangsung sampai tanggal 18 Januari 2020 dan melibatkan 52 pemain. Dari 52 pemain yang diseleksi, PSSI hanya memilih 30 pemain. Berikutnya para pemain akan menjalani pemusatan latihan (training camp atau TC) di Thailand dari tanggal 20 Januari sampai 2 Februari, serta mengikuti beberapa uji coba.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait